Kampung Unik di Kebumen, Singgah ke Desa Terpencilnya Lihat Batu Raksasa di Permukiman Warga - inews

 

Kampung Unik di Kebumen, Singgah ke Desa Terpencilnya Lihat Batu Raksasa di Permukiman Warga

inews.id
August 1, 2023
Kampung unik di Kebumen singgah lihat Watu Sodong
Kampung unik di Kebumen singgah lihat Watu Sodong

JAKARTA, iNews.id - Kampung unik di Kebumen sangat menarik untuk dijelajahi. Apalagi jika singgah ke salah satu desanya yang bernama Watu Sodong, dijamin akan membuat siapa saja penasaran.

Ya, desa ini menyimpan misteri yang menakjubkan. Di sini terdapat batu besar yang dinamakan Watu Sodong, lokasinya ada di atas permukiman rumah warga. Misteri batu besar ini telah lama dipercaya masyarakat sekitar dan memiliki keterkaitan dengan kerajaan Demak dan Mahameru.

Penasaran ingin tahu seperti apa keunikan Watu Sodong di Kebumen ini? Berikut ulasannya dirangkum pada Selasa (1/8/2023).

Kampung Unik di Kebumen

Watu Sodong berada di Desa Wonoharjo Kecamatan Rowokele Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Di balik misteri batu raksasa ini, Anda akan melihat suasana desa yang masih asri dan alami. Siapa saja akan takjub melihatnya. Dikutip dari akun YouTube, BG Channel, Selasa (1/8/2023) saat masuk ke Desa Wonoharjo batunya terletak tepat di pinggir jalan. Ukurannya memang besar, dan hampir menyerupai gua.

"Dinamakan Watu Sodong karena lokasinya yang ‘metonggrong’ atau bertumpuan satu sama lain," ujar salah seorang pria sepuh di dusun Watu Sodong.

Dirinya pun membenarkan keberadaan batu tersebut berkaitan dengan Gunung Mahameru. Letaknya memang jauh dari permukiman warga di Desa Wonoharjo. Yang lebih menarik lagi adalah, dua batu yang bertumpukan ini di salah satu sisi, di bagian atasnya ditumbuhi oleh tanaman dan beberapa pohon yang tumbuh subur. Pada area sekitar batu atau Watu Sodong, dibangun pagar yang terbuat dari bambu berjejer mengelilingi sekitar kawasan batu. Orang yang datang ke dusun Watu Sodong tak melewatkan kunjungannya untuk melihat batu besar ini.

Selain Watu Sodong yang menarik, suasana perkampungan di sini juga membuat masyarakat luar betah karena udara asri khas perdesaan, serta ketenangan yang ditawarkan dan jauh dari kebisingan lalu lintas. Sebagian rumah penduduk sudah permanen, namum untuk akses berupa jalan masih berupa tanah dan sebagian berupa semen yang dicampur batu. Banyak warga di desa ini yang menggantungkan hidup dari hasil pertanian, maupun ternak yang dimiliki.

Itulah seputar kampung unik di Kebumen dan singgah melihat Watu Sodong yang misterius.

Editor : Vien Dimyati

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar