Kebakaran Laboratorium Tewaskan 1 Mahasiswi, IPB Bentuk 3 Tim - inews

 

Kebakaran Laboratorium Tewaskan 1 Mahasiswi, IPB Bentuk 3 Tim

inews.id
August 19, 2023
Institut Pertanian Bogor
Institut Pertanian Bogor

BOGOR, iNews.id - Institut Pertanian Bogor (IPB) membentuk 3 tim terkait musibah tewasnya mahasiswi program S2 Laila Atika Sari akibat kebakaran di laboratorium. Tim ini akan melakukan koordinasi untuk menetapkan langkah-langkah penanganan kejadian tersebut.

"Tiga tim telah dibentuk untuk menangani permasalahan ini, sekaligus melakukan antisipasi untuk memastikan keselamatan kerja di laboratorium serta hal-hal lain yang berkaitan dengan kehidupan kampus," kata Rektor IPB University Arif Satria, Minggu (20/8/2023).

Arif menjelaskam tiga tim tersebut terdiri atas tim investigasi yang akan bekerja sama dengan kepolisian. Tim ini akan menggali kronologi detail kejadian, termasuk mengecek prosedur baku (SOP), dan hal-hal lain yang perlu diketahui.

Kedua, tim evaluasi laboratorium yang akan melakukan pengecekan alat-alat dan fasiltas pada seluruh laboratorium di IPB University. Khususnya alat-alat laboratorium yang berisiko tinggi saat digunakan.

Ketiga, tim keselamatan kerja di kampus untuk memastikan keselamatan kerja, baik dalam kegiatan akademik, pengabdian pada masyarakat maupun dalam hal kehidupan kampus pada umumnya termasuk ketertiban dan keselamatan lalu lintas.

"Sebagian besar tim ini berasal dari Kantor Manajemen Risiko yang akan mengevaluasi berdasarkan pedoman dan petunjuk pelaksanaan sistem manajemen laboratorium yang telah dimiliki," ucapnya.

Editor : Rizal Bomantama

Follow Berita iNews di Google News

Sementara itu, Sekertaris IPB Universitu Agus Purwito mengatakan pihaknya melalui langkah ini akan berupaya memaksimalkan kembali seluruh oratorium IPB University dalam keadaan aman digunakan untuk kegiatan akademik, termasuk keselamatan kerja di seluruh aspek kegiatan dalam kehidupan kampus.

"Kami berharap kejadian ini tidak terulang lagi," ujar Agus Purwito.

Sebelumnya, mahasiswi Program Pascasarjana S2 Ilmu Nutrisi dan Pakan, Fakultas Peternakan IPB Univeristy Laila Atika Sari meninggal dunia pada Sabtu (19/8/2023). Atika mengembuskan nafas terakhir setelah sempat dirawat.

Baca Juga

Komentar