Pilihan

Kekeringan di Papua Tengah, Jokowi Minta Bangun Gudang Stok Pangan By BeritaSatu

 

Kekeringan di Papua Tengah, Jokowi Minta Bangun Gudang Stok Pangan

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
July 24, 2023
Bupati Kabupaten Puncak, Papua Tengah, Willem Wandik saat mengunjungi korban kelaparan akibat cuaca ekstrem.
Bupati Kabupaten Puncak, Papua Tengah, Willem Wandik saat mengunjungi korban kelaparan akibat cuaca ekstrem.

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat internal membahas kekeringan di Papua Tengah bersama Menko PMK Muhadjir Effendy, Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL), Mensos Tri Rismaharini, dan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (10/8/2023). Dalam rapat tersebut, Jokowi memberikan sejumlah arahan, baik jangka panjang, menengah, dan jangka pendek untuk menangani kekeringan di tiga distrik di Papua Tengah.

“Tadi sesuai arahan dari presiden ada beberapa langkah yang akan ditindaklanjuti, untuk jangka pendek akan membangun gudang stok pangan,” kata Muhadjir seusai rapat.

Pembangunan gudang akan dilakukan di dua tempat yaitu di Agandugume dan Sinak. Muhadjir menjelaskan pengiriman bahan makanan selama ini seringkali terhambat oleh jarak yang jauh serta cuaca buruk. Apalagi ke Distrik Agandugume yang memiliki ketinggian sekitar 9 ribu kaki.

“Karena itu, sementara ini pilihannya di samping ada yang dikirim Agandugume, langsung juga ada yang di berhenti di Sinak. Lah kalo di tahan di Sinak, ini harus diambil secara jalan kaki, itu perlu perjalanan 2 hari 1 malam,” kata Muhadjir.

Pembangunan gudang stok pangan akan dimulai pada pekan depan. Gudang tersebut ditargetkan selesai dalam satu bulan. “Kita harapkan gak sampai 1 bulan selesai,” kata Muhadjir.

Kemudian untuk langkah jangka menengah, pemerintah akan memperpanjang runway atau landasan pacu pesawat udara yang ada di Distrik Sinak. Dengan runway yang lebih panjang, pesawat angkut yang lebih berat seperti pesawat jenis hercules dapat mendarat.

“Kalau nanti pesawat hercules bisa mendarat di Sinak, nanti bukan hanya bahan pangan saja yang bisa diangkut, tapi juga material untuk infra utamanya untuk jalan,” kata Muhadjir.

Adapun untuk langkah jangka panjang, Jokowi memerintahkan agar pembangunan jalan darat terutama jalan Transpapua segera direalisasikan. Jalan tersebut akan melalui Jayapura menuju Wamena hingga Sinak.

“Itu akan melewati beberapa distrik termasuk distrik ibu kota Puncak Jaya yaitu Distrik Mulia sampai nanti ke Sinak. Kemudian Sinak ke Agadugume daratnya juga akan dibangun,” terang Muhadjir.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek