Kemlu Ungkap Alasan Delegasi RI Walk Out saat Benny Wenda Bicara di Forum MSG - inews

 

Kemlu Ungkap Alasan Delegasi RI Walk Out saat Benny Wenda Bicara di Forum MSG

inews.id
August 26, 2023
Delegasi Indonesia walk out dalam Forum Melanesian Spearhead Group
Delegasi Indonesia walk out dalam Forum Melanesian Spearhead Group

JAKARTA, iNews.id - Aksi tegas delegasi Indonesia dalam Melanesian Spearhead Group (MSG) menyita perhatian publik. Mereka memilih keluar atau walk out (WO) saat pimpinan Persatuan Gerakan Pembebasan Papua Barat atau United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) Benny Wenda bicara dalam forum tersebut.

Dirjen Asia, Pasifik, dan Afrika Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Abdul Kadir Djaelani mengungkapkan alasan melakukan aksi WO tersebut.

"Keputusan tersebut tidak terlepas dari sikap tegas Delegasi RI (Delri) untuk KTT MSG yang dipimpin Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Mansury yang menolak penyalahgunaan MSG untuk propaganda ULMWP," kata Djaelani kepada wartawan, Sabtu (26/8/2023).

"ULMWP telah menyalahgunakan forum MSG untuk menjustifikasi tindak kekerasan yang dilakukan kelompok yang terafiliasi dengannya yang telah melakukan berbagai tindak kejahatan seperti penyanderaan, pembakaran sekolah, hingga pembunuhan terhadap Orang Asli Papua," sambungnya.

Forum MSG 2023 ini merupakan yang ke-22 digelar di Port Villa, Vanuatu, Rabu (23/8/2023). Terkait aksi WO, Kadir menjelaskan sudah menjadi hal yang lumrah dalam dunia diplomasi.

"Delegasi RI telah mengambil langkah-langkah yang lazim dalam dunia diplomasi untuk mengekspresikan penolakan tersebut, termasuk meninggalkan ruangan ketika ULMWP menyampaikan narasi bohong tentang situasi di Papua," ucapnya.

Editor : Faieq Hidayat

Follow Berita iNews di Google News

Sebagai informasi, video aksi WO delegasi Indonesia dalam forum MSG ke-22 viral di media sosial. Salah satu yang membagikan video tersebut adalah akun Twitter @ben_bohane.

Dalam video yang diputar sebanyak 164 ribu itu, menunjukkan beberapa delegasi Indonesia keluar dari sebuah ruangan yang diduga menjadi tempat pertemuan.

Saat delegasi Indonesia WO, suasana tampak hening, hanya suara derap langkah delegasi Indonesia meninggalkan ruangan.

Editor : Faieq Hidayat

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar