Pilihan

Ribuan Pencari Kerja di Banyumas Padati Job Fair SMK By BeritaSatu

 

Ribuan Pencari Kerja di Banyumas Padati Job Fair SMK

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
August 7, 2023
Sebanyak 1.419 pencari kerja memadati area job fair yang digelar di SMK Muhammadiyah 1 Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu, 26 Agustus 2023.
Sebanyak 1.419 pencari kerja memadati area job fair yang digelar di SMK Muhammadiyah 1 Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu, 26 Agustus 2023.

Banyumas, Beritasatu.com - Sebanyak 1.419 pencari kerja memadati area job fair yang digelar di SMK Muhammadiyah 1 Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu (26/8/2023). Tercatat ada 25 perusahaan dari berbagai sektor usaha yang ikut berpartisipasi dan menawarkan lowongan.

Kepala SMK Muhammadiyah 1 Purwokerto, Agus Suyono mengatakan, job fair tersebut merupakan yang pertama kali digelar oleh SMK. ''Mudah-mudahan kegiatan ini bisa menjadi penyemangat bagi para siswa maupun pencari kerja,'' harapnya.

Menurut data Dinas Tenaga Kerja, jumlah pencari kerja di Kabupaten Banyumas hingga Juli tahun ini tercatat sekitar 7.400 orang, dan yang sudah terserap sekitar 2500 orang.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan UKM (Dinnakerkop UKM) Kabupaten Banyumas, Wahyu Dewanto mengungkapkan telah melakukan beragam upaya untuk menjembatani para pencari kerja agar bisa terserap di dunia kerja.

Salah satunya dengan terus mendorong berbagai pihak, termasuk di dalamnya lembaga pendidikan agar menggelar kegiatan yang berorientasi pada penyerapan tenaga kerja, seperti bursa kerja.

Menurutnya, hingga akhir tahun ditargetkan minimal akan ada lima bursa kerja yang diselenggarakan oleh SMA/SMK.

''Nanti akan kami sounding ke beberapa SMK di Banyumas untuk mengadakan kegiatan seperti ini (job fair),'' kata Wahyu saat ditemui di Job Fair SMK Muhammadiyah 1 Purwokerto.

Selama tahun 2023, Pemkab Banyumas telah menggelar beberapa kegiatan bursa kerja untuk menjembatani para pencari kerja dengan dunia kerja.

''Seperti pada 6-7 Mei lalu, pemkab telah menggelar bursa kerja. Dalam ajang itu ada sebanyak 5 ribu pencari kerja yang ikut dan yang sudah ditempatkan untuk bekerja sekitar 700-an orang,'' terangnya.

Job Fair yang digelar selama satu hari itu dibuka oleh Bupati Banyumas Achmad Husein. Dia menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan tersebut.

''Ini sangat positif. Mudah-mudahan bursa kerja ini bisa menjadi pemicu atau titik awal untuk adanya perubahan-perubahan yang lebih baik,'' ungkapnya.

Selain job fair, bupati juga menandatangani peluncuran kelas Industri Akuntansi Keuangan dan Lembaga.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek