Pilihan

Kemungkinan Dirudal, Pesawat yang Bawa Bos Wagner Aman di Radar hingga 30 Detik Terakhir By BeritaSatu

 

Kemungkinan Dirudal, Pesawat yang Bawa Bos Wagner Aman di Radar hingga 30 Detik Terakhir

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
August 7, 2023
Tentara Rusia menjaga jalan dekat lokasi pesawat jet pribadi jatuh, di Desa Kuzhenkino, wilayah Tver, Rusia, Kamis pagi, 24 Agustus 2023.
Tentara Rusia menjaga jalan dekat lokasi pesawat jet pribadi jatuh, di Desa Kuzhenkino, wilayah Tver, Rusia, Kamis pagi, 24 Agustus 2023.

Moskwa, Beritasatu.com - Pesawat jatuh tipe jet eksekutif Embraer Legacy 600, yang membawa bos pasukan Wagner Yevgeny Prigozhin, tidak menunjukkan tanda-tanda bermasalah, hingga penurunan drastis dalam 30 detik terakhir, menurut data pelacakan penerbangan.

Badan penerbangan Rusia Rosaviatsia memublikasikan nama 10 orang yang berada di dalam pesawat yang jatuh tersebut, termasuk Prigozhin dan Dmitry Utkin, tangan kanannya yang membantu mendirikan pasukan Wagner.

Penyelidik Rusia mengatakan, mereka telah membuka penyelidikan kriminal untuk mengetahui apa yang terjadi. Beberapa sumber yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada media Rusia, mereka yakin pesawat itu ditembak jatuh oleh satu atau lebih rudal permukaan ke udara. Reuters tidak dapat mengonfirmasi hal itu.

Pihak Rusia menyebutkan pesawat tersebut melakukan perjalanan dari Moskwa ke St Petersburg dan jatuh di dekat Desa Kuzhenkino di wilayah Tver.

Gambar pada Rabu 23 Agustus 2023, menunjukkan lokasi jatuhnya pesawat jet di dekat desa Kuzhenkino, Wilayah Tver, menewaskan 10 orang termasuk bos pasukan Wagner, Yevgeny Prigozhin.
Gambar pada Rabu 23 Agustus 2023, menunjukkan lokasi jatuhnya pesawat jet di dekat desa Kuzhenkino, Wilayah Tver, menewaskan 10 orang termasuk bos pasukan Wagner, Yevgeny Prigozhin.

Menurut Ian Petchenik dari Flightradar24, berdasarkan pantauan radar, pesawat secara tiba-tiba menukik tajam pada pukul 15.19. Kemudian dalam waktu 30 detik, pesawat jatuh lebih dari 8.000 kaki, setelah terbang di ketinggian jelajah 28.000 kaki.

“Apa pun yang terjadi, terjadi dengan cepat. Mereka mungkin bergulat (dengan pesawat) setelah apa yang terjadi,” kata Petchenik.

Menurutnya, sebelum pesawat jatuh secara drastis, tidak ada indikasi bahwa ada yang salah dengan pesawat ini.

Rekaman video memperlihatkan pesawat turun dengan cepat dengan hidung mengarah hampir lurus ke bawah dan kepulan asap atau uap di belakangnya.

Produsen pesawat Brasil Embraer SA mengatakan, pihaknya tidak memberikan layanan atau dukungan apa pun dalam beberapa tahun terakhir terhadap pesawat tersebut. Perusahaan tersebut mengatakan, mereka mematuhi sanksi internasional yang dijatuhkan terhadap Rusia.

Jet pribadi itu diidentifikasi di Flightradar24 dengan registrasi RA-02795, sama dengan pesawat yang membawa Prigozhin ke Belarusia setelah pemberontakan.

Pelacak penerbangan online Flightradar24 terakhir mencatat posisi pesawat pada pukul 15.11 sebelum kecelakaan. Data berlanjut selama sembilan menit.

Flightradar24 mengatakan, pesawat jet tersebut mengalami serangkaian pendakian dan penurunan masing-masing beberapa ribu kaki selama 30 detik sebelum akhirnya jatuha. Flightradar24 menerima data akhir tentang pesawat jet tersebut pada pukul 15.20.

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek