Pilihan

La Nyalla Sebut Pilpres Langsung Lahirkan Politik Kosmetik By BeritaSatu

 

La Nyalla Sebut Pilpres Langsung Lahirkan Politik Kosmetik

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
July 31, 2023
Ketua DPD, La Nyala Mahmud Mattaliti, dalam pidato Sidang Tahunan MPR Tahun 2023 dan Sidang Bersama DPR dan DPD Tahun 2023, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu 16 Agustus 2023.
Ketua DPD, La Nyala Mahmud Mattaliti, dalam pidato Sidang Tahunan MPR Tahun 2023 dan Sidang Bersama DPR dan DPD Tahun 2023, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu 16 Agustus 2023.

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua DPD, La Nyala Mahmud Mattalitti mengungkapkan, pemilihan presiden (pilpres) secara langsung melahirkan politik kosmetik. Menurutnya, politik kosmetik membuat biaya politik tinggi dan merusak kohesi bangsa.

Hal itu dikatakan La Nyalla saat Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD Tahun 2023 di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD, Jakarta, Rabu (16/8/2023)

Menurut La Nyala, politik kosmetik terjadi karena batu uji untuk mencari pemimpin nasional melalui pilpres secara langsung adalah popularitas yang bisa difabrikasi.

"Pemilihan presiden secara langsung yang kita adopsi begitu saja, telah terbukti melahirkan politik kosmetik yang mahal dan merusak kohesi bangsa karena batu uji yang kita jalankan dalam mencari pemimpin nasional adalah popularitas yang bisa difabrikasi," ucapnya.

Tidak hanya itu, elektabilitas yang bisa digiring melalui angka-angka lalu disebarluaskan oleh para buzzer di media sosial dengan narasi-narasi saling hujat atau puja-puji buta.

"Dan pada akhirnya, rakyat pemilih disodori oleh realita yang dibentuk sedemikian rupa," imbuhnya.

Padahal, La Nyala mengungkapkan Indonesia sebagai negara kepulauan sudah seharusnya menjadi negara yang mampu mewujudkan negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur. Dengan demikian, dapat melahirkan pemerintahan yang sesuai dengan Pancasila.

"Pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial," tutur La Nyala saat Sidang Tahunan MPR Tahun 2023 dan Sidang Bersama DPR dan DPD Tahun 2023, Rabu (16/8/2023) di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD.

Untuk itu, La Nyala meminta semua pihak menghentikan kontestasi politik yang semata-mata ingin sukses meraih kekuasaan dengan cara liberal. Dikatakan, hal itu telah menjadikan kehidupan bangsa kehilangan kehormatan, etika, rasa, dan jiwa nasionalisme serta patriotisme.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek