Pilihan

Momen HUT ke-78 RI, Arca Singosari Dikembalikan Belanda usai Disimpan Selama 3 Abad - inews

 

Momen HUT ke-78 RI, Arca Singosari Dikembalikan Belanda usai Disimpan Selama 3 Abad

inews.id
August 16, 2023
Arca Singosari akan dipulangkan ke Indonesia
Arca Singosari akan dipulangkan ke Indonesia

JAKARTA, iNews.id - Perayaan HUT ke-78 RI menjadi momen paling ditunggu masyarakat Indonesia. Ada banyak yang dilakukan untuk memeriahkan hari kemerdekaan RI.

Salah satu hal bahagia yang diterima Indonesia adalah dikembalikannya Arca Singosari oleh Belanda. Arca ini telah disimpan oleh Belanda selama tiga abad.

Sejarawan dan kurator museum Indonesia, Bonnie Triyana baru-baru ini mengabarkan, dia akan membantu membawa pulang arca Singosari usai tiga abad lamanya berada di Belanda. Hal itu dia ungkapkan melalui postingan di akun Twitternya baru-baru ini.

Dalam unggahan tersebut, Bonnie tampak membagikan potret saat dirinya memeriksa pengemasan salah satu harta karun Indonesia yang sempat dijarah di zaman penjajahan Belanda itu.

Tidak sendirian, Bonnie juga tampak dibantu oleh dua orang tim ahli repatriasi untuk bisa membawa pulang arca tersebut ke Tanah Air, tepat di momen Hari Kemerdekaan ke-78 RI pada 17 Agustus 2023.

"Setelah tiga abad berada di Belanda, akhirnya pulang! Saya dan Dr Sadiah Boonstra mendampingi tim ahli repatriasi: Dr. Junus Satrio, Prof. Irma dan Dr. Ninie Susanti memeriksa pengemasan arca Singosari sebelum dikirim ke Tanah Air tepat pada hari kemerdekaan 17 Agustus 2023,” ujar Bonnie, melalui akun Twitternya, @bonnietriyana, dikutip Kamis (17/8/2023).

Editor : Vien Dimyati

Follow Berita iNews di Google News

Meski banyak warganet yang antusias terhadap kabar baik tersebut, tak sedikit juga warganet yang berkomentar dan berpendapat, arca tersebut akan lebih baik dibiarkan di Belanda. Sebab, banyak yang menilai, arca tersebut nantinya akan disalahgunakan oleh oknum tak bertanggung jawab. Menanggapi hal tersebut, Bonnie lantas mengingatkan warganet untuk berpikir positif.

Sebelumnya, salah satu arca yang telah dikembalikan di Belanda, hingga saat ini masih tersimpan aman di Museum Nasional Indonesia yang ada di Jakarta. "Udh bener disimpen d Belanda om, nyampe sini mah kalo ga vandalism ya dicuri utk dijual k kolektor,” ujar @ad******

“Anda perlu tahu, pada 1978 Belanda sdh kembalikan arca Prajnapramita dan sebagian kecil harta jarahan dr Lombok. Sampe skrg koleksi itu msh aman dan terawat baik di Museum Nasional Indonesia di Jakarta. Khawatir boleh aja tp jgn sampai hentikan langkah kita utk jd lebih baik,” ujar Bonnie menjawab.

Ada juga warganet yang mengkhawatirkan, kepemilikan arca tersebut justru jatuh ke tangan para pejabat hingga kolektor, bukan negara.

“Padahal biar aja udah di belanda,lebih aman.. di sini banyak maling, tiba-tiba tuh arca pindah ke rumah pejabat/kolektor, yg di museum sisa replika..” kata @ba******

Bonnie lantas kembali menjelaskan, pada dasarnya arca tersebut dulunya justru dijarah oleh pejabat Belanda dan sempat disimpan di rumahnya. Arca tersebut kemudian sempat diminta oleh pemerintah Indonesia sejak tahun 1950-an, dan akhirnya kini baru bisa dikembalikan oleh Belanda.

“Arca ini dl diambil seenaknya dari tempatnya di candi Singosaari oleh pejabat Belanda. Disimpan di rumahnya. Lantas dibawa ke Belanda, disimpan di museum,” tuturnya.

“Sejak thn 1950an sdh diminta oleh pemerintah Indonesia. Sementara kini org Belanda jg malu memamerkan barang 'colongan',” tulis Bonnie.

Editor : Vien Dimyati

Follow Berita iNews di Google News

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek