Pelni Ungkap Rencana IPO, Begini Persiapannya - inews

 

Pelni Ungkap Rencana IPO, Begini Persiapannya

inews.id
August 2, 2023
Pelni menyatakan kesiapan untuk melakukan penawaran umum perdana saham atau IPO.
Pelni menyatakan kesiapan untuk melakukan penawaran umum perdana saham atau IPO.

JAKARTA, iNews.id - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni menyatakan kesiapan untuk melakukan penawaran umum perdana saham atau Initial Public Offering (IPO). Direktur Utama Pelni Tri Andayani menuturkan, rencana perusahaan untuk melantai di bursa saham merupakan cita-cita perusahaan.

Anda menambahkan, saat ini pihaknya sedang mempersiapkan kinerja di seluruh bisnis perusahaan dengan baik dan juga mengakselerasi di semua lini perusahaan sebaik-baiknya.

"Sehingga nanti pada saat yang tepat pemegang saham Kementerian BUMN ketika meminta kami siap," ujar Anda dalam Media Expose Kinerja Pelni Semester I 2023

Anda menuturkan, gelaran media expose ini merupakan sebagai bagian dari tanggung jawab perusahaan karena ditugaskan oleh pemerintah di bidang jasa pelayaran Indonesia.

"Penugasan ini tidak sedikit artinya dalam PSO juga jumlah penugasan yang diberikan kepada kami mencapai kurang lebih Rp2,3 triliun dan penugasan skema subsidi mencapai Rp700 miliar. Dan kami merasa bahwa tanggungjawab yang kita berikan kepada masyarakat dapat kami sampaikan di sini," tuturnya.

"Biasanya kan media expose ini (yang mengadakan) perusahaan terbuka ya. Dan ini adalah tujuan keterbukaan manajemen kami sebagai pertanggungjawaban bahwa penugasan yang diberikan ini kami sampaikan ke publik," katanya.

Editor : Aditya Pratama

Follow Berita iNews di Google News

Pelni membukukan laba bersih Rp113 miliar pada semester I 2023 atau 106 persen dari target semester I 2023 atau 60 persen dari target 2023. Torehan ini meningkat 12 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Anda optimistis dengan capaian saat ini, maka hingga akhir tahun ini Pelni memproyeksikan laba bersih perusahaan mencapai Rp210 miliar.

Lebih lanjut, Anda mengatakan, pada semester I 2023 pendapatan usaha perusahaan mencapai Rp2,65 triliun atau 95 persen dari target semester I 2023. Kemudian, sepanjang Semester I 2023, kapal Pelni mengangkut 2,6 Juta orang atau 115 persen di atas target.

Jumlah tersebut naik 137 persen dari realisasi penumpang untuk periode yang sama di tahun 2022. Angka di atas terdiri dari 2,2 Juta orang untuk kapal penumpang dan 450.000 orang untuk kapal perintis. PELNI sendiri memiliki 26 kapal penumpang dan mengoperasikan 41 trayek kapal perintis.

Kemudian, Pelni juga telah mengangkut kontainer 2.630.935 Teus, general cargo 66.166 Ton/m3. Lalu 3.820 ekor ternak, red pack 374.515 kg dan 6.500 unit kendaraan.

Editor : Aditya Pratama

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar