Pilihan

Perlu Berapa Lama Hasil Tes DNA Keluar? Ini Penjelasannya By BeritaSatu

 

Perlu Berapa Lama Hasil Tes DNA Keluar? Ini Penjelasannya

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
August 7, 2023
Ilustrasi tes DNA.
Ilustrasi tes DNA.

Jakarta, Beritasatu.com – Sebagian orang mungkin sudah tidak asing dan pernah melakukan tes DNA. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui kondisi genetik seseorang. Perlu berapa lama hasil tes DNA dapat diketahui?

Mengenai waktu yang dibutuhkan untuk mengetahui hasil tes DNA bervariasi. Hal tersebut tentunya merujuk kepada jenis tes, pihak laboratorium yang melakukan tes, hingga volume pekerjaan yang ada pada waktu itu.

Namun demikian, umumnya waktu yang dibutuhkan untuk mengetahui tes DNA yaitu sekitar 1 sampai 2 minggu. Lamanya hasil pemeriksaan keluar tentunya merujuk pada faktor-faktor yang telah disebutkan sebelumnya.

Tes DNA sendiri dilakukan untuk mengidentifikasi mutasi pada kromosom, gen, atau protein seseorang. Nah, pemeriksaan ini juga bermanfaat untuk mengetahui risiko kelainan genetik sehingga bisa dicegah dan diobati lebih dini.

Secara umum, banyak manfaat dari tes DNA yang dilakukan oleh seseorang. Oleh sebab itu, tidak jarang pemeriksaan ini ditempuh oleh aparat penegak hukum untuk mengungkap berbagai kasus kriminal. Beberapa manfaat tes DNA antara lain:

- Membantu penegak hukum dalam penyelesaian kasus kriminal
- Mengidentifikasi kelainan genetik yang dimiliki seseorang
- Mengetahui hubungan pertalian darah (biologis) antara anak dan orang tua, atau kerabat sedarah
- Membantu pasutri dalam keputusan perencanaan kehamilan
- Mengetahui kondisi genetik bayi yang belum dilahirkan
- Memantau kondisi bayi yang baru dilahirkan

Jadi perlu diketahui pula, bahwa tes DNA tak hanya menggali informasi tentang keturunan saja. Dalam dunia medis, kegunaan uji DNA beragam dan memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia sebagaimana keterangan di atas.

Meski begitu, tidak dapat dimungkiri bahwa tes ini juga kerap digunakan untuk mengetahui garis keturunan biologis. Sebagaimana yang belakangan menjadi perbincangan hangat adalah mengetahui bayi yang tertukar di rumah sakit.

Demikian penjelasan waktu berapa lama hasil DNA dapat diketahui. Semoga bermanfaat!

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek