Pilihan

PUPR Bakal Amankan Ketersediaan Air di IKN hingga 2100, Begini Skemanya - inews

 

PUPR Bakal Amankan Ketersediaan Air di IKN hingga 2100, Begini Skemanya

inews.id
August 7, 2023
Ilustrasi PUPR Bakal Amankan Ketersediaan Air di IKN hingga 2100, Begini Skemanya
Ilustrasi PUPR Bakal Amankan Ketersediaan Air di IKN hingga 2100, Begini Skemanya

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyiapkan rencana penyediaan air di Ibu Kota Nusantara (IKN) Nusantara hingga 2100. Bagaimana skemanya?

Menurut Plt. Direktur Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jarot Widyoko tahap awal penyediaan air dengan membuat Bendungan Sepaku Semoi. Nantinya, bendungan tersebut diperkirakan cukup memenuhi air baku masyarakat di IKN dan wilayah penyangganya hingga tahun 2035 mendatang.

Menurutnya ketersedian Bendungan Sepaku Semoi akan menyuplai air sebanyak 2.000/liter per detik. Namun apabila intake Sepaku rampung dibangun, maka air yang disuplai akan mencapai 5.000 liter/detik.

Lalu, di tahun 2033 mendatang PUPR akan membangun bendungan baru, yaitu Bendungan Batu Lepek. Kehadiran bendungan itu nantinya akan menambah pasokan air seiring pertumbuhan populasi di IKN.

"Sebelum 2045 habis, tahun 2042 kami akan membangun Bendungan Selamayu, ini akan bertahan sampai tahun 2060," ucap Jarot usai FGD di Kantornya, Senin (7/8/2023).

Selanjutnya pada tahun 2058, PUPR akan kembali membangun Bendungan Sifak yang akan memperkuat pasokan air untuk masyarakat di IKN hingga tahun 2100 mendatang. Bendungan itu, rencananya dibangun pada 2058.

"Pada tahun 2058 kita akan membangun Bendungan Sifak kalau tidak salah, sehingga untuk IKN kebutuhan air disesuaikan dengan prediksi itu sampai 2100 lebih," kata dia.

Keberadaan bendungan di IKN sebagai penyuplai air baku menjadi hal yang penting. Hal itu mengingat kondisi tanah di IKN yang kurang bagus untuk mengeluarkan air tanah dan bahkan sulit meski dilakukan pengeboran.

Editor : Puti Aini Yasmin

Follow Berita iNews di Google News

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek