Pilihan

Putin Tak Akan Hadiri Pemakaman Bos Wagner - detik

 

Putin Tak Akan Hadiri Pemakaman Bos Wagner

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 29 Agu 2023 17:34 WIB
Russian President Vladimir Putin speaks during a meeting with Russian war correspondents who cover a special military operation at the Kremlin in Moscow, Russia, Tuesday, June 13, 2023. (Gavriil Grigorov, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)
Presiden Rusia Vladimir Putin (dok. Gavriil Grigorov, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)
Moskow -

Presiden Rusia Vladimir Putin tidak berencana menghadiri pemakaman bos tentara bayaran Wagner Yevgeny Prigozhin, yang tewas dalam kecelakaan pesawat pekan lalu. Moskow pada akhir pekan menyatakan bahwa tes genetik mengonfirmasi Prigozhin sebagai salah satu korban tewas dalam kecelakaan maut itu.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (29/8/2023), kecelakaan pesawat itu terjadi dua bulan setelah Prigozhin memimpin tentara bayaran Wagner melancarkan pemberontakan singkat terhadap Putin, di mana pasukan Wagner menguasai kota Rostov dan bergerak ke Moskow sebelum berbelok sekitar 200 kilometer dari ibu kota.

"Kehadiran presiden tidak direncanakan," tegas juru bicara Kremlin Dmitry Peskov kepada wartawan, saat ditanya apakah Putin akan menghadiri pemakaman Prigozhin.

PARALLAX IN DETAIL
300x250

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dalam pernyataannya, Peskov juga mengatakan bahwa Kremlin tidak memiliki informasi spesifik soal pemakaman itu, baik soal waktu maupun lokasinya. Dia menekankan bahwa keputusan soal pengaturan pemakaman Prigozhin akan dilakukan berdasarkan konsultasi dengan pihak keluarga.

Secara terpisah, laporan CNN menyebut peningkatan keamanan terpantau di kompleks pemakaman Serafimovskoye di kota Saint Petersburg. Disebutkan bahwa kompleks pemakanan itu kini berada di bawah penjagaan personel kepolisian, dengan penutupan ruas jalanan diberlakukan di sekitarnya.

Laporan soal peningkatan itu muncul di tengah spekulasi yang beredar via Telegram bahwa Prigozhin kemungkinan akan dimakamkan di kompleks pemakaman tersebut, yang bisanya disediakan untuk pemakaman militer.

Belum ada pernyataan resmi soal tanggal atau lokasi pemakaman Prigozhin sejauh ini.

Simak berita selengkapnya di halaman berikutnya.

Pada Minggu (27/8) waktu setempat, para penyidik Rusia mengonfirmasi bahwa Prigozhin termasuk di antara 10 orang yang tewas dalam kecelakaan pesawat di wilayah Tver pada Rabu (23/8) malam.

Komisi Investigasi Rusia memverifikasi kematian Prigozhin setelah melakukan tes genetik. Mereka memastikan bahwa jenazah 10 orang yang ada di dalam pesawat yang jatuh itu telah ditemukan di antara puing-puing.

Sementara itu, Kremlin menolak tuduhan yang dilontarkan sejumlah politisi dan pengamat Barat soal Putin memerintahkan Prigozhin dibunuh sebagai balas dendam. Kremlin mengecam tuduhan semacam itu sebagai 'kebohongan mutlak'.




(nvc/ita)

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek