Rusia Luncurkan Misi Pendaratan ke Bulan Hari Ini, setelah Absen Hampir 50 Tahun - inews

 

Rusia Luncurkan Misi Pendaratan ke Bulan Hari Ini, setelah Absen Hampir 50 Tahun

inews.id
August 10, 2023
Para ilmuwan Rusia membangun modul Luna-25 untuk misi pendaratan di bulan.
Para ilmuwan Rusia membangun modul Luna-25 untuk misi pendaratan di bulan.

MOSKOW, iNews.id – Rusia bakal meluncurkan misi luar angkasanya, Luna-25, ke bulan pada Jumat (11/8/2023). Ini adalah misi pendaratan di bulan pertama Rusia dalam 47 tahun terakhir.

Kantor berita Sputnik melaporkan, Luna-25 akan diluncurkan dari pusat antariksa Kosmodrom Vostochny di Timur Jauh Rusia. Roket pembawa Soyuz 2.1b dengan modul pendaratan otomatis Luna-25 akan menyalakan mesinnya di pelabuhan antariksa itu pada pukul 08.10 waktu setempat (06.10 WIB).

Jika peluncuran berhasil, modul akan mencapai orbit bulan dalam 4-5 hari. Selanjutnya, pada 21 atau 22 Agustus, Luna-25 akan mulai mendarat di permukaan bulan.

Tidak seperti pendahulunya, Uni Soviet, yang mendaratkan misinya di ekuator bulan, Luna-25 seharusnya melakukan pendaratan lunak di kutub selatan satelit bumi itu. Area tersebut memiliki medan yang lebih menantang.

Setelah pendaratan, Luna-25 akan mengumpulkan sampel tanah bulan dan memeriksa keberadaan es di sana.

Luna-25 adalah bagian dari program pendaratan bulan Rusia yang dibuat untuk eksplorasi dan penggunaan praktis bulan dan orbitnya. Misi ini bertujuan membangun pangkalan bulan yang sepenuhnya otomatis.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar