Pilihan

Rusia Pastikan Bos Wagner Tewas, Bagaimana Sikap Ukraina hingga NATO? - CNN Indonesia

 

Rusia Pastikan Bos Wagner Tewas, Bagaimana Sikap Ukraina hingga NATO?

Senin, 28 Agu 2023 16:11 WIB

Rusia memastikan bos tentara bayaran Wagner Group, Yevgeny Prigozhin, tewas dalam kecelakaan pesawat Embraer Legacy pada 23 Agustus lalu.

Bos Wagner Yevgeny Prigozhin dan tangan kanannya, Dmitry Utkin (kanan) tewas dalam kecelakaan pesawat pribadi. (AFP/VLADIMIR NIKOLAYEV)

Jakarta, CNN Indonesia --

Rusia memastikan bos tentara bayaran Wagner GroupYevgeny Prigozhin, tewas dalam kecelakaan pesawat Embraer Legacy pada 23 Agustus lalu.

"Sebagai bagian dari penyelidikan kecelakaan pesawat di wilayah Tver, [kami menyatakan bahwa] pemeriksaan genetik molekuler telah selesai," demikian pernyataan singkat komite investigasi, dikutip CNN, Minggu (27/8).

Berdasarkan hasil investigasi Rusia terhadap tes DNA para korban, identitas 10 orang yang tewas dalam insiden sesuai dengan daftar yang tercantum dalam manifes.

Para penumpang dalam daftar antara lain Sergey Propustin, Nikolai Matusevich, dan Evgeniy Makaryan. Ketiganya adalah prajurit Wagner.

Kemudian Aleksandr Totmin, Valeriy Chekalov selaku bawahan Prigozhin, Dmitriy Utkin selaku tangan kanan Prigozhin, dan Prigozhin sendiri.

Selain itu, para kru pesawat yakni pilot Aleksei Levshin, kopilot Rustam Karimov, dan pramugari Kristina Raspopova.

Dalam insiden kecelakaan pesawat ini, Rusia sempat dituding menjadi dalang atas jatuhnya pesawat. Namun, Kremlin membantah dengan menyebut tuduhan itu "kebohongan mutlak."

Ukraina sebagai lawan perang Rusia setahun belakangan juga tak ketinggalan dicurigai.

Terkait hal ini, bagaimana respons Ukraina sampai negara-negara NATO tentang kecelakaan pesawat yang menewaskan Prigozhin?

Ukraina

Presiden Volodymyr Zelensky menegaskan Ukraina tak terlibat dalam insiden kecelakaan jet pribadi tersebut.

"Kami tidak ada hubungannya dengan situasi ini. Itu sudah pasti," kata Zelensky saat konferensi pers pada Rabu, dikutip CNN.

Zelensky juga mengisyaratkan pelaku insiden itu merupakan sosok yang sudah diketahui oleh semua orang. Isyarat itu kemungkinan besar ditujukan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin.

"Tapi saya pikir semua orang tahu siapa yang terlibat," ucapnya.

Amerika Serikat

Presiden Joe Biden mengaku tak terkejut jika Prigozhin tewas dalam kecelakaan. Sama seperti Zelensky, Biden curiga Putin yang mendalangi insiden tersebut.

"Saya tak tahu pasti apa yang terjadi. Namun saya tidak kaget. Tak banyak sesuatu yang terjadi di Rusia tanpa [Presiden Vladimir] Putin di belakangnya, tapi saya tak cukup tahu kebenarannya," ucap Biden, seperti dikutip Reuters.

Prancis

Juru bicara pemerintah Prancis Olivier Veran mengatakan ada "keraguan yang beralasan" mengenai penyebab pesawat Embraer Legacy kecelakaan.

"Kami belum mengetahui penyebab kecelakaan ini. Kami mempunyai keraguan yang beralasan," kata Veran kepada televisi France 2, seperti dikutip Al Jazeera.

Saat ditanya mengenai komentar Biden, Veran setuju bahwa ucapan Biden "adalah kebenaran yang dapat dibuktikan."

Dia menjelaskan Prigozhin adalah orang yang melakukan pekerjaan kotor Putin. Apa yang telah dilakukannya tak lepas dari segala kebijakan Putin, termasuk tugas sebagai pemimpin Wagner untuk memikul tanggung jawab guna mengatasi pelanggaran yang telah dilakukan.

"Prigozhin meninggalkan kuburan massal. Dia meninggalkan kekacauan di sebagian besar dunia, saya memikirkan Afrika, Ukraina, dan Rusia sendiri," tutur dia.

Lanjut baca di halaman berikutnya...

Rusia Pastikan Bos Wagner Tewas, Bagaimana Sikap Ukraina hingga NATO?

BACA HALAMAN BERIKUTNYA

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek