Serangan Bersenjata di Gedung Konsulat Swedia di Izmir Turki, 1 Orang Kritis - inews

 

Serangan Bersenjata di Gedung Konsulat Swedia di Izmir Turki, 1 Orang Kritis

inews.id
August 1, 2023
Bendera Swedia terpasang di salah satu gedung
Bendera Swedia terpasang di salah satu gedung

IZMIR, iNews.id – Serangan bersenjata menyasar gedung Konsulat Swedia di Izmir, Turki, Selasa (1/8/2023). Akibatnya, seorang pegawai di konsulat itu terluka dan kritis.

Lembaga penyiaran Turki, NTV, melaporkan bahwa menurut informasi awal, serangan itu dilakukan oleh seorang warga Suriah. Pelaku dikatakan tidak puas dengan pelayanan pemrosesan visa di kantor perwakilan Swedia itu.

Pada hari yang sama, Kementerian Luar Negeri Swedia menyatakan telah menghubungi konsulat jenderalnya di Istanbul pascaserangan itu.

“Kementerian Luar Negeri dapat mengonfirmasi insiden itu dan sedang berdialog dengan Konsulat Jenderal di Istanbul dan staf kami di sana,” ungkap Kemlu Swedia dalam sebuah pernyataan yang dikutip surat kabar Swedia, Aftonbladet.

Konsul Jenderal Swedia di Istanbul diperkirakan akan melakukan perjalanan ke Izmir untuk menilai situasi kantor cabangnya di kota itu.

Sementara pihak berwenang di Izmir mengatakan, penyerang adalah seorang pria penyandang disabilitas. Tersangka telah ditahan dan senjatanya pun disita. Kasus ini masih dalam penyelidikan aparat penegak hukum setempat.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Follow Berita iNews di Google News

Daily Sabah melansir, korban luka adalah pegawai perempuan berkewarganegaraan Turki yang bekerja untuk Konsulat Kehormatan Swedia di Izmir. Perempuan itu dilarikan ke rumah sakit pascaserangan itu.

Pegawa konsulat yang diketahui bernama Emine T itu bekerja sebagai sekretaris di konsulat itu. Kini dia berada dalam kondisi kritis di rumah sakit.

Baca Juga

Komentar