Pilihan

Terungkap, Ini Penyebab Bayi Tertukar di Rumah Sakit Bogor - iness

 

Terungkap, Ini Penyebab Bayi Tertukar di Rumah Sakit Bogor

Terungkap, Ini Penyebab Bayi Tertukar di Rumah Sakit BogorBayi tertukar di rumah sakit bogor. (FOTO Ilustrasi/istimewa).

BOGOR, iNews.id - Dugaan penyebab bayi tertukar di RS Sentosa Bogor terungkap. Bayi laki-laki dari Siti Mauliah warga Ciseeng, Kabupaten Bogor tertukar oleh perawat dengan pasien B karena gelang.

"Mereka menurut pemeriksaan rumah sakit sementara, itu mereka melakukan dugaan kelalaian. Ya terkait gelang yang sudah menjadi informasi umun lah ya, terkait gelang, kemudian ada dugaan gelang double ya, ada dugaan gelang copot itu aja terkait itu ada kelalaian," kata Juru Bicara RS Sentosa Bogor Greeg Djako dikonfirmasi, Rabu (16/8/2023).

Baca Juga

Kasus Bayi Tertukar, 7 Perawat dan Bidan RS Sentosa Datangi Polres Bogor

Oleh karena itu, pihak rumah sakit telah memberikan sanksi terhadap 15 perawat terkait kasus tersebut. Mereka diberikan sanksi berupa Surat Peringatan (SP) 1 dan dinonaktifkan untuk sementara waktu.

"Jadi perawat yang kami duga terlibat di dalam peristiwa ini ada sekitar 15. Ke-15 itu maksudnya kan 1 shift itu sekitar 5 orang, shift pagi 5 orang, shift siang 5 orang dan shift malam 5 orang. Jadi kita sudah memberikan sanksi berupa SP-1 dan menonaktifkan dari pelayanan sebagaimana dari biasanya dikerjakan selama ini sebagai perawat," jelasnya.

Baca Juga

Kasus Bayi Tertukar di Bogor, 15 Perawat RS Sentosa Bogor Dinonaktifkan 

Di sisi lain, tambah Gregg, dalam kasus ini rumah sakit menyebut hanya dua bayi yang diduga tertukar. Karena, pada saat kejadian setahun lalu hanya ada bayi laki-laki atas nama Siti Mauliah dan pasien B.

Baca Juga

Heboh Bayi Tertukar di Bogor, Dinkes Datangi Rumah Sakit

"Kenapa rumah sakit itu berangkat kecuriagaannya ini kepada 2 bayi laki-laki, karena saat yang sama itu memang hanya ada 2 bayi laki laki dan sisanya bayi perempuan 4. Dan itu kemudian itu diperkuat ada dugaan nama bayi ibu Siti itu tertulis nama bayi ibu B. Nah kemudian dugaan ke arah sana bahwa semakin menyakinkan ibu B yang diduga tertukar," tutupnya.

Sebelumnya, bayi laki-laki dari seorang ibu bernama Siti Mauliah, warga Ciseeng, Kabupaten Bogor diduga tertukar di rumah sakit. Peristiwa itu terjadi usai Siti melahirkan di RS Sentosa Bogor pada 18 Juli 2022. 

Polisi pun telah membentuk tim gabungan untuk menyelesaikan kasus ini. Bahkan, polisi juga menerjukan tim trauma healing kepada dua ibu yang bayinya diduga tertukar di rumah sakit.

Editor : Faieq Hidayat

Follow Berita iNews di Google News


Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek