Pilihan

Wacana Ahok Jadi Dirut Pertamina Diduga Cuma Cek Ombak By BeritaSatu

 

Wacana Ahok Jadi Dirut Pertamina Diduga Cuma Cek Ombak

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
July 24, 2023
Basuki Tjahaja Purnama
Basuki Tjahaja Purnama

Jakarta, Beritasatu.com - Wacana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menjadi Direktur Utama Pertamina, menggantikan Nicke Widyawati dinilai sebagai test the water atau cek ombak. Wacana ini dilempar ke publik untuk mengetahui respons mereka jika Ahok menduduki jabatan Dirut Pertamina.

Hal ini diduga oleh Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PKS Amin AK. "Menurut saya ada indikasi seperti itu (test the water)," ujar Amin AK, ketika diwawancarai secara daring, Rabu (2/8/2023).

Amin beranggapan wacana tersebut bisa saja dilanjutkan jika publik merespons positif. Namun, kata dia, sejauh ini, respons publik negatif sehingga wacana Ahok menjadi Dirut Pertamina mulai mengendor, bahkan tidak dilanjutkan.

"Penilaian dari publik atau respons dari publik menurut saya sejauh yang saya baca, mayoritas menolak. Saya tidak sendirian menilai bahwa Pak Ahok itu bukan orang yang untuk itu (jadi Dirut Pertamina) dan tentu dari yang saya baca banyak respons publik sebagaimana yang saya sampaikan (menolak)," tandas Amin.

Amin pun meminta pemerintah harus mempertimbangkan respons publik yang mayoritas menolak Ahok menjadi Dirut Pertamina. Dia mengingatkan, kinerja Pertamina bisa terganggu jika kontroversi Ahok menjadi dominan saat menjadi Dirut Pertamina.

"Jangan sampai nanti kontroversi itu akan menjadi berkepanjangan dan menjadikan kerja-kerja direksi atau tim Pertamina gara-gara Pak Ahok menjadi Dirut menjadi tidak efektif karena respons negatif seperti yang diwacanakan itu," pungkas Amin.

Belakangan ini, ramai dibicarakan kabar mengenai pergantian direktur utama PT Pertamina Nicke Widyawati oleh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Merespons hal tersebut, Menteri BUMN Erick Thohir membantah dengan tegas kabar Ahok menggantikan posisi Nicke di Pertamina.

Pasalnya, Ahok adalah figur yang tepat untuk berada di posisinya saat ini sebagai Komisaris Utama PT Pertamina. Erick Thohir berharap masyarakat untuk tidak bergunjing mengenai sesuatu yang belum pasti kebenarannya.

"Bu Nicke kan memang sudah diangkat, prosesnya masih jalan. Ahok itu figur yang sangat bagus untuk menjaga Pertamina, makanya kita percaya sebagai komut (komisaris utama, Red)," kata Erick seusai mengikuti acara penutupan BUMN Fest, Selasa (1/8/2023).

Untuk itu, Erick meminta agar tidak ada lagi pergunjingan soal berita yang belum dapat dipastikan kebenarannya tersebut. Erick pun mendorong agar masyarakat bisa selektif dalam mempercayai informasi yang beredar.

"Media bilang ini itu, saya enggak tahu itu informasi dari mana. Makanya jangan suka bergunjing, percaya sama menterinya," tandas Erick.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek