Wapres Ma'ruf Amin Kenakan Pakaian Demang Khas Betawi di Sidang Tahunan MPR By BeritaSatu

 

Wapres Ma'ruf Amin Kenakan Pakaian Demang Khas Betawi di Sidang Tahunan MPR

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
July 31, 2023
Wakil Presiden
Wakil Presiden

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin mengenakan pakaian Demang khas adat Betawi, DKI Jakarta saat menghadiri Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD 2023 di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD, Rabu (16/8/2023) pagi.

Wapres Ma'ruf Amin memilih pakaian atas berupa setelan pakaian Demang berwarna hitam dipadu dengan kain bertumpal berwarna cerah dengan hiasan rantai di dada menemani lambang kepresidenan, serta memakai peci berwarna hitam. Pakaian adat Betawi yang dipakai Wapres ini memiliki makna kegagahan dan juga kesopanan. Sedangkan peci sebagai penutup kepala melambangkan ketaatan dan kecerdasan.

Sementara itu, Ibu Hj Wury Ma’ruf Amin juga tampak anggun mengenakan kebaya nasional berwarna cokelat dipadu dengan selendang berwarna senada dan songket Bali bernuansa gelap.

Dalam Sidang Tahunan MPR 2023 ini, Wapres Ma'ruf Amin akan turut mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam rangka peringatan HUT Ke-78 RI.

Usai menghadiri Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD ini, sekitar pukul 13.30 WIB di tempat yang sama, Wapres Ma'ruf Amin juga akan menghadiri Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR Tahun Sidang 2023-2024, sekaligus mendengarkan pidato Presiden Jokowi dalam rangka penyampaian keterangan pemerintah atas RUU tentang APBN Tahun Anggaran 2024 beserta nota keuangannya.

Selain pimpinan dan anggota MPR, DPR, dan DPD, tampak hadir pula para mantan presiden dan wakil presiden, para kepala lembaga negara, para duta besar negara sahabat, para Menteri Kabinet Indonesia Maju, para mantan pimpinan MPR/DPR/DPD, serta tamu undangan lainnya.

Sebelumnya, Ketua MPR Bambang Soesatyo atau Bamsoet memastikan kesiapan MPR menyelenggarakan Sidang Tahunan MPR 2023 yang diselenggarakan dalam satu rangkaian dengan sidang bersama DPR dan DPD.

“Berbagai persiapan telah dilakukan oleh MPR RI untuk memastikan agenda Sidang Tahunan MPR 2023 berjalan sukses. Antara lain melalui rapat pimpinan MPR RI pada 8 Agustus 2023 dan pertemuan konsultasi dengan Presiden RI pada 9 Agustus 2023. Untuk memantapkan persiapan, gladi bersih penyelenggaraan sidang akan dilaksanakan pada Selasa, 15 Agustus 2023, pukul 13.00 WIB di Gedung Nusantara MPR RI,” kata Bamsoet dikutip dari laman MPR.

Sidang tersebut, kata Bamsoet, akan dihadiri oleh sekitar 1.549 undangan. Para undangan terdiri dari Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, para mantan presiden dan mantan wakil presiden, mantan ketua MPR/DPR/DPD, pimpinan lembaga negara, seluruh anggota MPR, menteri Kabinet Indonesia Maju, dan pejabat setingkat menteri. Selain itu hadir juga, ketua umum partai politik yang mewakili keterwakilan di DPR, raja-raja nusantara, ketua ormas keagamaan, dan perwakilan teladan dari seluruh nusantara.

Baca Juga

Komentar