Pilihan

Wasekjen MUI Imbau Panji Gumilang Minta Maaf karena Bikin Gaduh - inews

 

Wasekjen MUI Imbau Panji Gumilang Minta Maaf karena Bikin Gaduh

inews.id
August 5, 2023
Wasekjen MUI, Ikhsan Abdullah, mengimbau Pimpinan Ponpes Al Zaytun Panji Gumilang meminta maaf atas pernyataannya yang membuat gaduh masyarakat.
Wasekjen MUI, Ikhsan Abdullah, mengimbau Pimpinan Ponpes Al Zaytun Panji Gumilang meminta maaf atas pernyataannya yang membuat gaduh masyarakat.

JAKARTA, iNews.id - Wasekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ikhsan Abdullah, mengimbau pemimpin Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun, Panji Gumilang, meminta maaf atas pernyataannya yang membuat gaduh masyarakat. Permohonan maaf diharapkan bisa meringankan hukuman.

"Oleh karena itu saya mengimbau kepada beliau, sekiranya berlega hati untuk menyampaikan permohonan maaf atas kekhilafan dan kekeliruan yang dilakukan, tentu saja ini jelas kekeliruan karena pernyataannya mengganggu nalar publik dan membuat gaduh," kata Ikhsan dalam diskusi Polemik MNC Trijaya dengan tema 'Babak Baru Al Zaytun', Sabtu (5/8/2023).

Ikhsan menganggap kasus yang menjerat Panji Gumilang merupakan musibah berdasarkan sisi kemanusiaan. Dia berempati terhadap Panji yang harus menjalani penahanan saat usianya tak lagi muda.

"Nah di sisi lain kami menyampaikan imbauan ke Pak Panji Gumilang yang secara kemanusiaan tentu ini adalah musibah, karena beliau usianya sudah 77 tahun, yang tentu saja secara kemanusiaan kita berempati. Usia yang tidak cukup jadi penghuni rumah tahanan tentu," kata Ikhsan.

Menurut Ikhsan, tidak perlu ada pembelaan mengenai pernyataan Panji Gumilang. Reaksi masyarakat bisa menjadi bukti bahwa apa yang dilakukan pimpinan ponpes itu mengganggu publik.

"Tentu ini yang tidak perlu dibuktikan apa-apa, menodai agama dan lokasi dan lain-lain, tapi itu justru reaksi publik itu menunjukkan bahwa ada perasaan, naluri, hati dan pikiran publik yang terganggu," katanya.

Editor : Rizky Agustian

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga
Mahfud MD Minta Proses Hukum Panji Gumilang Dipercepat, Ini Alasannya
Mahfud MD Minta Proses Hukum Panji Gumilang Dipercepat, Ini Alasannya

"Alangkah baiknya kalau beliau juga melakukan permohonan maaf kepada umat Islam dan MUI tentu. Karena selama ini MUI disudutkan oleh Pak Panji Gumilang," ujarnya.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek