Xi Jinping Mendadak Tak Muncul Pidato di Forum KTT BRICS, Ada Apa? By CNN Indonesia

 

Xi Jinping Mendadak Tak Muncul Pidato di Forum KTT BRICS, Ada Apa?

By CNN Indonesia
cnnindonesia.com
Presiden China Xi Jinping mendadak tak hadir pidato di forum bisnis KTT BRICS. Foto: Adam Scotti/Prime Minister's Office/Handout via REUTERS.
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden China Xi Jinping mendadak tak hadir memberikan pidato di forum bisnis Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) BRICS di Johannesburg, Afrika Selatan pada Selasa (22/8), tanpa alasan jelas.

Menurut jadwal, Xi seharusnya menghadiri forum bisnis dan menyampaikan pidato bersama para pemimpin lain. Namun alih-alih hadir, Xi justru digantikan Menteri Perdagangan China Wang Wentao, yang membacakan pidato Xi.

Keputusan Xi yang tiba-tiba tak hadir di forum itu memicu spekluasi sejumlah pihak yang menilai ada sesuatu yang "salah". Beberapa menduga Xi sakit, namun hingga kini tak ada penjelasan resmi dari China.

Dalam pidato Xi yang dibacakan Wang, China diduga menyindir Amerika Serikat usai menyebut sebuah negara terobsesi mempertahankan hegemoni. Negara tersebut, lanjutnya, berusaha keras melumpuhkan pasar negara berkembang.

"Siapa pun yang berkembang lebih dulu menjadi target mereka. Siapa pun yang mengejar akan menjadi sasaran," demikian pidato yang dibacakan Wang.

The Guardian melaporkan tampaknya keputusan itu muncul di menit-menit terakhir, karena naskah media pemerintah dan juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chun Ying mempublikasikan seolah-olah Xi yang menyampaikan pidato.

"Presiden Xi Jinping menyampaikan pidato di upacara penutupan Forum Bisnis #BRICS 2023," tulis Hua di X, yang dulu bernama Twitter.

Xi, menurut unggahan itu, membahas perubahan di dunia dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya, dan membawa masyarakat manusia ke titik kritis.

Salah satu penulis media yang fokus membahas politik China Sinocism, Bill Bishop, mencatat Xi tak hadir di depan publik belakangan ini. Menurut dia, kondisi tersebut "agak aneh."

"Keputusan di menit-menit terakhir untuk melewatkan [pidato di] forum bisnis ini terlihat lebih aneh. Jadi, jika tidak ada informasi berguna dari pemerintah RRT [Republik Rakyat Tiongkok], maka rumor akan tersebar," kata Bishop.

Sementara itu, media Global South China melaporkan ini adalah kali kedua Xi tak muncul di depan publik tanpa penjelasan.

"Untuk menyebut ini luar biasa adalah pernyataan yang merendahkan karena pemimpin China tak pernah melewatkan acara yang dirancang sedemikian rupa," demikian menurut mereka.

Xi dan delegasi tiba di Johannesburg pada Senin malam untuk KTT BRICS yang digelar 22-24 Agustus 2023. Mereka disambut Presiden Afsel, Cyril Ramaphosa.

(isa/dna/bac)

Baca Juga

Komentar