Pilihan

10 Hektare Lahan Hutan di Bukit Desa Sanggrahan Kabupaten Tulungagung Terbakar By BeritaSatu

 

10 Hektare Lahan Hutan di Bukit Desa Sanggrahan Kabupaten Tulungagung Terbakar

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
September 19, 2023
Kawasan hutan milik Perhutani di Desa Sanggrahan Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung terbakar, Selasa
Kawasan hutan milik Perhutani di Desa Sanggrahan Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung terbakar, Selasa

Tulungagung, Beritasatu.com - Kawasan hutan milik Perhutani di Desa Sanggrahan Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung terbakar, Selasa(19/9/2023) sore.

Total ada 10 hektare lahan Perhutani yang terbakar. Api yang membakar semak ilalang dan daun kering, dengan cepat menyebar ke segala arah hingga mendekat ke pemukiman warga.

Petugas Kepolisian Tulungagung bersama karyawan Perhutani dan masyarakat sekitar berusaha melokalisir kebakaran dengan membuat ilaran dan memadamkan api menggunakan alat seadanya.

Asisten Perhutani Kalidawir Saichu Rochman mengatakan total luasan lahan yang terbakar diperkirakan mencapai 10 hektar. Diduga kebakaran dipicu ulah oknum yang dengan sengaja membakar rumput kering.

"Diduga api dari seseorang yang membakar rumput kering sehingga merembet. Karena kebiasaan membakar rumput kering di kawasan hutan masih sering ia jumpai. Biasanya pembakaran ini oleh pencari rumput dan juga pembakaran lahan terkadang juga dilakukan oleh pemburu," kata Saichu Rochman.

Sulitnya medan yang berbukit-bukit dan jauh dari sumber air, menjadikan pemadaman sulit dilakukan. Sampai dengan Selasa malam, api di lokasi lahan yang terbakar belum sepenuhnya padam.

Untuk menghindari kejadian serupa, masyarakat sekitar hutan diimbau untuk berhati-hati saat membakar sampah agar dijaga supaya api tidak merembet. Kemudian untuk warga yang berladang di kawasan hutan, juga dihimbau untuk tidak melakukan pembakaran daun ataupun rumput. Sampah organik tersebut lebih baik ditimbun karena bisa membantu menjaga kesuburan tanah.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek