3 Sektor Unggulan Jadikan Pemkot Batu Peroleh Penghargaan APDI 2023 By BeritaSatu

3 Sektor Unggulan Jadikan Pemkot Batu Peroleh Penghargaan APDI 2023

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
September 12, 2023
Penjabat
Penjabat

Jakarta, Beritasatu.com - Penjabat (Pj) Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai membeberkan tiga sektor unggulan yang menjadikan Pemerintah Kota (Pemkot) Batu memperoleh penghargaan Apresiasi Pemerintah Daerah Indonesia 2023 atau APDI 2023.

Hal itu diungkapkan Aries seusai acara APDI 2023 yang diselenggarakan di Hotel JS Luwansa, Selasa (12/9/2023) malam.

"Kami punya #KWB pasti bisa, KWB itu Kota Wisata Batu di mana kami ingin memotivasi seluruh aparatur pemerintah yang ada di Kota Batu. Kami ingin meningkatkan potensi yang dimiliki oleh pemerintah Kota Batu yang unggulannya adalah pariwisata, UMKM, dan juga pertanian," ujar Aries.

"Kami ingin semua elemen bukan hanya pemerintah tetapi juga masyarakat dari seluruh kalangan yang ada di Kota Batu sama-sama memberikan motivasi dan kinerja yang sangat tinggi untuk peningkatan potensi yang dimiliki Kota Batu terutama di sektor unggulan kami," sambung dia.

Aries meyakini, apabila ketiga sektor unggulan tersebut dapat terus digencarkan, maka kesejahteraan masyarakat dan pembangunan ekonomi di Kota Batu akan makin meningkat.

Aries mengakui terdapat kendala tersendiri bagi Kota Batu sebagai wilayah perkotaan yang tentunya punya kompleksitas tinggi.

"Terutama masalah sampah, tetapi menurut kami sampah tidak boleh menjadi musuh tetapi menjadi sahabat buat kita semua," kata Aries.

"Bagaimana masyarakat bisa berkolaborasi dengan swasta dan pemerintah sehingga sampah ini bisa menjadi bagian dari kehidupan kita di mana kita bisa olah dari rumah," lanjutnya.

Sebelumnya, Pemkot Batu menerima penghargaan kategori Akselerasi Pembangunan Ekonomi Daerah dengan program KWB (Kota Wisata Batu) Pasti Bisa pada acara APDI 2023.

APDI 2023 merupakan kerja sama B-Universe dengan Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Otda Kemendagri) dan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi).

Acara APDI 2023 setidaknya dihadiri 21 kepala daerah kabupaten dan kota dari seluruh Indonesia, serta puluhan pemimpin perusahaan yang siap membawa pulang piala apresiasi dalam 6 kategori. Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian turut menghadiri acara malam ini.

Executive Chairman B-Universe, Enggartiasto Lukita mengatakan acara ini digelar untuk mengapresiasi kerja keras pemerintah daerah sekaligus menjadi pemicu untuk makin meningkatkan inovasi di daerahnya masing-masing.

"Dengan berbagai parameter ditetapkan dan secara objejtif, juri melakukan penilaian. Maka malam ini kita akan menyampaikan apresiasi kepada pemerintah-pemerintah daerah. Tujuannya agar memacu pemerintah daerah terpilih untuk mempertahankan kinerjanya, dan kepada pemerintah daerah yang belum mendapat apresiasj agar berlomba-lomba mendapatkan apresiasi," kata Enggar dalam sambutan APDI 2023, Selasa.

Selain itu, imbuh Enggar, inovasi dan inisiatif yang ditampilkan pemerintah daerah melalui acara APDI juga sekaligus menjadi bukti kampanye sehat di tahun politik seperti saat ini.

"Terutama di tahun politik. Ini kampanye positif, karena ini bukan menjelekkan orang lain, tetapi di sini pemerintah boleh menunjukkan kemampuan dan prestasi yang telah dicapai," jelas Enggar.

Baca Juga

Komentar