6 Provinsi di Pulau Papua dan Ibukotanya, Nomor 3 Tempat Freeport Berdiri - inews

 

6 Provinsi di Pulau Papua dan Ibukotanya, Nomor 3 Tempat Freeport Berdiri

papua.inews.id
August 31, 2023
Provinsi di Pulau Papua dan Ibukotanya
Provinsi di Pulau Papua dan Ibukotanya

JAKARTA, iNews.id - Provinsi di Pulau Papua dan Ibukotanya akan dibahas dalam artikel ini. Diketahui, wilayah Papua kini terbagi menjadi enam wilayah sebagai pemekaran.

Saat ini Indonesia memiliki total 38 provinsi mulai dari Sabang hingga Merauke. Dari enam provinsi di Papua, empat di antaranya merupakan pemekaran dua Provinsi Papua dan Papua Barat di tahun 2022.

Provinsi di Pulau Papua dan Ibukotanya

1. Provinsi Papua Barat

Papua Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian paling timur Pulau Papua.

Provinsi ini berbatasan dengan Provinsi Papua di sebelah timur, Samudra Pasifik di sebelah utara, Laut Arafura di sebelah selatan, dan Negara Bagian Papua Nugini di sebelah barat.

Dengan Ibukota Manokwari, Papua Barat memiliki karakteristik geografis dan budaya yang kaya serta unik. Papua Barat adalah provinsi yang memiliki karakteristik khas dan keindahan alam yang luar biasa.

Namun, seperti banyak wilayah lain, provinsi ini juga menghadapi berbagai tantangan dalam hal pembangunan sosial, ekonomi, dan lingkungan.

2. Provinsi Papua

Papua adalah sebuah provinsi yang terletak di bagian timur Indonesia, di Pulau Papua (Pulau Irian) dan sebagian kecil Pulau Papua Nugini dengan ibukotanya Jayapura.

Papua merupakan provinsi terluas di Indonesia, dengan topografi yang sangat bervariasi, mulai dari pegunungan tinggi, hutan lebat, hingga dataran rendah dan pantai yang indah.

Pegunungan Jayawijaya, termasuk Puncak Jaya yang merupakan puncak tertinggi di Indonesia, terletak di wilayah ini.

Papua juga memiliki tantangan sosial dan politik. Beberapa kelompok masyarakat masih menghadapi masalah kesejahteraan, sementara beberapa konflik terkait otonomi dan isu-isu hak asasi manusia pernah terjadi.

Editor : Nani Suherni

Follow Berita iNewsPapua di Google News

3. Provinsi Papua Tengah

Provinsi di Pulau Papua dan Ibukotanya, Lokasi Freeport di Papua Tengah
Provinsi di Pulau Papua dan Ibukotanya, Lokasi Freeport di Papua Tengah

Papua Tengah merupakan sebuah provinsi yang terletak di bagian tengah Pulau Papua, Indonesia dengan ibukotanya Kabupaten Nabire.

Provinsi ini dibentuk pada tahun 2003 dengan pemekaran dari Provinsi Papua. Ibu kota provinsi ini adalah Kota Jayapura, yang juga menjadi pusat pemerintahan dan aktivitas ekonomi utama.

Provinsi ini kaya akan sumber daya alam seperti pertambangan, hutan, dan keanekaragaman hayati.

Hal ini menjadikan sektor ekonomi seperti pertambangan, pertanian, dan perikanan sebagai bagian penting dari perekonomian provinsi ini. Di wilayah ini juga adanya tambang Freeport lokasi tepatnya di dataran tinggi Tembagapura, Mimika.

4. Provinsi Papua Pegunungan

Provinsi di Pulau Papua dan Ibukotanya, Penjabat Gubernur Papua Pegunungan Nikolaus Kondomo saat panen raya padi di Kampung Helaluba Minimo, Distrik Asolokoba, Kabupaten Jayawijaya.
Provinsi di Pulau Papua dan Ibukotanya, Penjabat Gubernur Papua Pegunungan Nikolaus Kondomo saat panen raya padi di Kampung Helaluba Minimo, Distrik Asolokoba, Kabupaten Jayawijaya.

Provinsi Papua menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di bagian timur Pulau Papua dengan ibukotanya Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

Wilayah ini sebagian besar terdiri dari pegunungan tinggi dan daerah dataran tinggi, termasuk Pegunungan Jayawijaya yang merupakan salah satu puncak tertinggi di Indonesia dan Oceania, dengan puncak tertingginya adalah Gunung Jaya Wijaya (Carstensz Pyramid).

Meskipun memiliki keindahan alam dan budaya yang kaya, provinsi ini juga menghadapi sejumlah tantangan, termasuk infrastruktur yang terbatas di daerah terpencil, akses terbatas terhadap layanan kesehatan dan pendidikan, serta isu-isu sosial dan politik.

Editor : Nani Suherni

Follow Berita iNewsPapua di Google News

5. Provinsi Papua Selatan

Papua Selatan juga dikenal sebagai Provinsi Papua sejak pemekaran wilayah Papua pada tahun 2003 dengan ibukotanya Merauke.

Provinsi Papua Selatan terletak di bagian tenggara Pulau Papua. Wilayah ini memiliki ciri geografis yang beragam, mulai dari pesisir pantai yang indah hingga pegunungan yang menjulang tinggi.

Keanekaragaman budaya juga merupakan ciri khas Papua Selatan. Berbagai suku pribumi, seperti suku Dani, suku Asmat, suku Biak, dan suku Yali, memiliki tradisi, bahasa, dan adat istiadat sendiri. Seni, tarian, ukiran kayu, dan pahatan batu adalah bagian penting dari budaya setempat.

6. Provinsi Papua Barat Daya

Provinsi ini berbatasan langsung dengan Negara Papua Nugini di sebelah timur dan Samudra Pasifik di sebelah utara dengan Ibukotanya Kota Sorong.

Papua Barat Daya dikenal memiliki keindahan alam yang luar biasa. Wilayah ini mencakup hutan hujan tropis yang luas, sungai-sungai besar, dan pesisir pantai yang indah.

Banyak tempat di provinsi ini masih alami dan belum terjamah oleh aktivitas manusia. Papua Barat Daya salah satu provinsi yang memperlihatkan kekayaan alam dan budaya Indonesia yang luar biasa.

Meskipun memiliki tantangan dalam hal pembangunan, provinsi ini memiliki potensi besar untuk berkembang dalam berbagai bidang.

Itulah Provinsi di Pulau Papua dan Ibukotanya. Semoga informasinya bermanfaat.

Editor : Nani Suherni

Follow Berita iNewsPapua di Google News

Baca Juga

Komentar