Pilihan

8 Hari Kebakaran Gunung Arjuno Belum Padam, 200 Petugas Masih Bertahan di Lokasi - inews

 

8 Hari Kebakaran Gunung Arjuno Belum Padam, 200 Petugas Masih Bertahan di Lokasi

jatim.inews.id
September 2, 2023
Petugas gabungan dan relawan beruasaha memadamkan api di Gunung Arjuno secara manual.
Petugas gabungan dan relawan beruasaha memadamkan api di Gunung Arjuno secara manual.

MALANG, iNews.id - Kebakaran di Gunung Arjuno belum berhasil dipadamkan hingga hari ke delapan. Sampai saat ini upaya pemadaman terus dilakukan, baik melalui udara maupun darat.

Kasi Perlindungan dan Pemberdayaan Masyarakat UPT Tahura (Tahura) Raden Soerjo Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, Ajat Sudrajat, mengatakan, saat ini tim gabungan masih bertahan di atas dengan kekuatan lebih dari 200 orang.

"Masih tetap (pemadaman lewat jalur darat) semua berjalan karena banyak titik, di Ledug, Pecalukan, di Kembar, masuk Prigen, Pasuruan," kata Ajat Sudrajat dikonfirmasi pada Minggu (3/9/2023).

Ajat mengatakan, warga dan relawan sekitar Gunung Arjuno yang terlibat kian banyak. Meski begitu, api masih sulit dipadamkan.

"Susah (padam), sumber air di pegunungan siapa yang mau mengangkat air. Jalan saja bawa badan saja susah," katanya.

Di sisi lain Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Jawa Timur Satriyo Nurseno mengungkapkan, pemadaman secara manual di jalur darat masih diberlakukan. Nantinya dari titik api yang tidak bisa dijangkau oleh jalur darat akan dilakukan water bombing atau pemadaman melalui udara.

"Di atas sudah hampir 200 orang dari semua sisi, dari Tambaksari-nya Tahura, Pasuruan, dari Malang Batu kita dorong untuk membantu pemadaman yang tidak bisa terjangkau oleh SRU darat," katanya Satriyo.

Kendala medan yang curam dengan kemiringan nyaris 60-70 derajat membuat pemadaman jalur darat juga cukup sulit. Apalagi, lahan-lahan yang terbakar didominasi oleh serasah, ilalang, dan semak belukar.

"Jadi apinya cepat membesar karena angin juga, Jadi teman-teman biasanya mengantisipasi agar tidak terlalu meluas saja. Ketika posisi naiknya tinggi sekali, Jadi kalau sampai sana sudah kelelahan dulu," katanya.

Diketahui, lahan di wilayah Gunung Arjuno sisi Kabupaten Malang terbakar sejak Sabtu dini hari (26/8/2023). Titik api dilaporkan muncul pertama kali di Curah Sriti, Bukit Lincing, hingga Bukit Budug Asu, yang masuk Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

Akibat kebakaran ini, untuk sementara waktu demi keselamatan, empat posko pendakian ditutup. Keempat pos pendakian itu meliputi Tretes di Prigen, Kabupaten Pasuruan, jalur Tambaksari di Purwodadi, Pasuruan, serta jalur Sumber Brantas di Cangar, Kota Batu, dan terakhir melalui jalur Lawang, Kabupaten Malang.

Editor : Ihya Ulumuddin

Follow Berita iNewsJatim di Google News

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek