Alex Marwata Pastikan Bukan Pimpinan KPK yang Temui Tahanan, tetapi Perwira TNI By BeritaSatu

 

Alex Marwata Pastikan Bukan Pimpinan KPK yang Temui Tahanan, tetapi Perwira TNI

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
September 22, 2023
Alexander Marwata.
Alexander Marwata.

Jakarta - beritasatu.com - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata memastikan tidak ada pimpinan KPK yang menemui tahanan, Dadan Tri Yudianto di lantai 15 Gedung Merah Putih. Alex, sapaan Alexander Marwata menyatakan, pihak yang menemui mantan komisaris independen Wika Beton yang menjadi tersangka kasus dugaan suap pengurusan perkara di MA itu adalah perwira TNI.

Alexander menjelaskan, peristiwa itu terjadi pada Juli 2023 lalu setelah pimpinan KPK rapat dengan Puspom TNI terkait operasi tangkap tangan atau OTT Basarnas. Setelah rapat, salah seorang perwira TNI mengaku kenal dengan seorang tersangka yang ditahan KPK dan meminta izin untuk bertemu.

"Kemudian ketika rapat selesai, ada salah satu perwira yang mengatakan kenal dengan salah satu tersangka yang ditahan di (gedung) Merah Putih, dan yang bersangkutan meminta izin untuk bertemu," ungkap Alex dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (21/9/2023).

Merespons permintaan itu, Alex mengaku lupa apakah ia mengizinkan atau tidak. Namun, Alex mengakui mempersilakan perwira TNI tersebut dengan melihat situasi dan kondisi yang ada

"Saya sendiri lupa apakah saya mengizinkan. Saya tekankan silakan dengan melihat situasi kondisi saat itu, tetapi saya lupa apakah saya juga menyebut silakan diterima di lantai 15 karena setelah itu saya langsung pulang," jelas Alex.

Meski mengaku pulang terlebih dahulu dan menyerahkan prosedur pertemuan perwira TNI tersebut kepada Plt Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Asep Guntur Rahayu, Alex kembali menegaskan pertemuan perwira TNI dengan tahanan tersebut tidak terlepas dari situasi yang tidak normal.

Alex tidak memerinci definisi tidak normal tersebut. Alex hanya menyebut pertemuan tersebut tidak terlepas dari situasi antara KPK dan Puspom TNI saat rapat berlangsung.

"Sekali lagi pertemuan tahanan dan salah satu anggota perwira TNI tidak bisa dilepaskan sekaligus dari situasi saat ini, situasi rapat yang terjadi antara KPK dan Puspom TNI. Saya kira itu sudah clear ya," kata Alex.

Baca Juga

Komentar