BMKG: 10 Persen Wilayah Indonesia Sudah Masuk Musim Hujan hingga Akhir September - inews

 

BMKG: 10 Persen Wilayah Indonesia Sudah Masuk Musim Hujan hingga Akhir September

By Binti Mufarida
inews.id
September 22, 2023
Sejumlah wilayah Indonesia memasuki musim hujan.
Sejumlah wilayah Indonesia memasuki musim hujan.

JAKARTA, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan 10 persen wilayah Indonesia dari Zona Musim (ZOM) sudah memasuki musim hujan hingga akhir September 2023. Curah hujan yang akan mengguyur wilayah Indonesia sedang dan rendah.

“Pada akhir September 2023 ini sudah sebanyak 10 persen dari zona musim di Indonesia yang masuk musim hujan,” ungkap BMKG dalam keterangan resminya, Sabtu (23/9/2023).

BMKG mengatakan wilayah yang sedang mengalami musim hujan meliputi sebagian Aceh, Sumatera Utara, sebagian besar Riau, sebagian Sumatera Barat, sebagian kecil Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah bagian timur, sebagian kecil Maluku dan sebagian Papua Barat.

Dari analisis curah hujan di Indonesia sifat hujan pada Dasarian II September 2023 umumnya bawah normal hingga atas normal. Sifat hujan bawah normal terjadi di sebagian Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Pulau Jawa, Sebagian besar Bali, NTB, NTT.

Kemudian di sebagian kecil Kalimantan Barat, bagian selatan Kalimantan Tengah, sebagian kecil Kalimantan Selatan, sebagian Sulawesi Selatan, sebagian kecil Sulawesi Tenggara, sebagian kecil Sulawesi Tengah, sebagian Maluku, dan sebagian Pulau Papua.

BMKG juga mengatakan pada dasarian III September 2023 umumnya diprediksi curah hujan berada di kriteria rendah - menengah (0 - 75 mm/dasarian). Wilayah yang diprakirakan mengalami hujan kriteria rendah (kurang dari 50 mm/dasarian) berada di Sumatera sebagian , Jawa, Bali, NTB, dan NTT, sebagian besar Kalimantan, Sulawesi, Maluku Utara dan sebagian besar Maluku, sebagian kecil Papua Barat dan Papua.

Lebih lanjut, kata BMKG, wilayah yang diprakirakan mengalami hujan kriteria menengah (50 - 150 mm/dasarian) berada di - Sumatra bag tengah-utara, Kalimantan bagian utara, sebagian Sulawesi Barat, sebagian Malut dan Maluku bagian tengah, sebagian Papbar, sebagian besar Papua.

“Wilayah yang diprediksikan mengalami hujan kategori tinggi-sangat tinggi (lebih dari 150 mm/dasarian) meliputi sebagian kecil Sumut, sebagian kecil Papua Barat, sebagian kecil Papua bagian barat,” katanya.

Editor : Faieq Hidayat

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar