BNPB Klaim Water Mist Turunkan PM 2.5: Langit Jakarta Terlihat Bersih By CNN Indonesia

 

BNPB Klaim Water Mist Turunkan PM 2.5: Langit Jakarta Terlihat Bersih

By CNN Indonesia
cnnindonesia.com
September 12, 2023
Metode water mist spraying disebut berhasil menurunkan Particulate Matter (PM 2.5) polusi udara DKI Jakarta. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut upaya Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) dengan metode water mist spraying berhasil menurunkan Particulate Matter (PM 2.5) polusi udara DKI Jakarta.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan penyemprotan water mist dilakukan menggunakan dua pesawat Cesna dengan menggandeng BRIN, BMKG, TNI dan pihak terkait lainnya di wilayah Jakarta.

"Upaya tersebut mulai memberikan dampak yang signifikan di mana terjadi penurunan nilai polutan PM 2.5 berdasarkan iqair.com, sehingga langit di wilayah Jakarta mulai terlihat bersih," kata Abdul melalui keterangan tertulis, Selasa (12/9).

Abdul menyampaikan penyemprotan water mist dilakukan sejak 4 hingga 11 September 2023. Pesawat itu terbang selama 82 jam 50 menit dan membawa 70.500 liter air yang disemprotkan untuk membentuk evaporasi buatan di langit Jakarta.

Menurutnya, dalam satu hari setiap pesawat melakukan empat kali sorti di beberapa wilayah di Jakarta, antara lain Jakarta Pusat, Jakarta Timur dan Jakarta Utara.

"BNPB akan terus melakukan upaya pengurangan polusi di Jakarta hingga beberapa hari ke depan dan dengan menyesuaikan kondisi yang diperlukan," ujarnya.

(lna/isn)

Baca Juga

Komentar