Bocah SD Jatuh dari Lantai 4 Sekolah, KPAI Berikan Trauma Healing ke Ratusan Siswa dan Guru - inews

Bocah SD Jatuh dari Lantai 4 Sekolah, KPAI Berikan Trauma Healing ke Ratusan Siswa dan Guru

By Ari Sandita Murti
inews.id
September 27, 2023
KPAI akan memberikan trauma healing kepada ratusan siswa dan guru sekolah yang menjadi tempat tewasnya bocah SD usai jatuh dari lantai 4 di Pesanggrahan, Jakarta Selatan.
KPAI akan memberikan trauma healing kepada ratusan siswa dan guru sekolah yang menjadi tempat tewasnya bocah SD usai jatuh dari lantai 4 di Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

JAKARTA, iNews.id - Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Aris Adi Leksono menyebut pihaknya bakal fokus memberikan trauma healing. Kegiatan itu menyasar ratusan siswa dan guru di sekolah tempat bocah SD berinisial SR jatuh dari lantai 4 gedung sekolah kawasan Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

"Total anak (siswa) 314 orang dan akan dilakukan pendampingan, trauma healing pada guru-guru, kepada siswa dan tentu ada pendampingan keluarga, baik dari aspek hukum maupun juga fungsi sosial lainnya," ujarnya, Rabu (27/9/2023).

Menurutnya, keluarga korban juga diberikan pendampingan dari aspek hukum. Sudin Pendidikan Jaksel juga telah menjamin pelayanan pendidikan bakal diberikan kepada siswa dan guru di sekolah tersebut. Diketahui kegiatan belajat mengajar (KBM) di sekolah itu masih digelar jarak jauh mengingat garis polisi masih terpasang.

"Pak Kasudin sudah menjamin pelayanan semaksimal mungkin, nanti akan dilakukan pembinaan untuk berikutnya agar tak terjadi tak hanya di sekolah ini pastinya, tapi pembinaan di sekolah lain agar maksimal dalam pelayanan perlindungan anak di satuan pendidikan," katanya.

Aris menambahkan, salah satu indikator pendidikan ramah anak yaitu tersedianya sarana, prasarana, dan fasilitas yang aman dan nyaman agar anak-anak belajar secara maksimal. Di sekolah tersebut, KPAI menilai fasilitas ruang kelas hingga meja sudah memenuhi standar keamanan anak.

"Kami melihat sampai lantai atas kalau fasilitas di ruang kelas, meja, dan seterusnya memenuhi standar keamanan anak. Seterusnya juga tangganya kita lihat semua dan ketinggian gedung perlu jadi perhatian. Ini un mengkaji bagaimana desain ketinggian dari sekolah yang aman dan nyaman buat anak," katanya.

Editor : Rizal Bomantama

Follow Berita iNews di Google News

Sebelumnya, siswi SD tewas terjatuh dari lantai empat gedung sekolah di Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Selasa (26/9/2023). Korban sempat dirawat di rumah sakit.

Kapolsek Pesanggarahan, Kompol Tedjo Asmoro memastikan tidak ada peristiwa perundungan atau bulllying yang mengakibatkan korban terjatuh. Polisi pun telah meminta keterangan kepada guru dan siswa yang berada di sekitar kejadian.

“Lagi main-main di pilar, terjatuh. Bukan (upaya) bunuh diri,” tuturnya.

Baca Juga

Komentar