Cegah Kanker Kulit, Pria Juga Disarankan Pakai Sunscreen By BeritaSatu

 

Cegah Kanker Kulit, Pria Juga Disarankan Pakai Sunscreen

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
September 30, 2023
Pria mengenakan sunscreen.
Pria mengenakan sunscreen.

Jakarta, Beritasatu.com - Perawatan kulit bukan lagi hal eksklusif bagi kaum wanita. Pria juga dianjurkan untuk merawat kulit agar terbebas dari berbagai permasalahan, salah satunya kanker.

Dokter spesialis kulit dan kelamin dr Pandu Pradana SpKK, mengatakan perawatan kulit yang paling dasar dan penting adalah menjaga kebersihan. Hal ini melibatkan rutinitas mencuci muka secara teratur.

Ketika mencuci muka, sebaiknya tidak hanya mengandalkan air, tetapi juga menggunakan sabun khusus yang sesuai dengan kondisi kulit. Dengan mencuci muka secara benar, akan mengangkat sisa kotoran dan minyak yang dapat menyebabkan berbagai masalah kulit.

"Intinya, perawatan standar cuci muka, menjaga kelembapan kulit dengan pelembap dan pakai sunscreen (tabir surya)," kata Pandu.

Pasalnya, menurut dokter Pandu, kulit yang lembap akan lebih sehat dan terlihat muda. Oleh karena itu, penggunaan pelembap sangat dianjurkan. Tanda kulit sehat adalah kulit yang lembap, tidak berminyak, bebas dari jerawat, dan dengan skin barrier (lapisan terluar kulit) yang terjaga dengan baik.

Selain menjaga kelembapan kulit, perawatan kulit yang tidak kalah penting adalah penggunaan tabir surya. Tabir surya membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari berlebihan yang dapat menyebabkan penuaan dini dan bahkan kanker kulit. Dokter Pandu menegaskan bahwa melindungi kulit dari sinar matahari adalah langkah penting karena kanker kulit adalah masalah kulit paling serius.

"Menggunakan tabir surya bukan hanya menghambat proses penuaan, tetapi juga kanker kulit," kata dr Pandu.

Dokter Pandu menyarankan untuk memeriksa sun protection factor (SPF) dan perlindungan terhadap sinar UV A dan UV B (PA++) yang ada dalam produk tabir surya. Di negara tropis seperti Indonesia, SPF 30 sudah cukup untuk melindungi kulit, tetapi di negara dengan penduduk berkulit lebih putih, SPF yang lebih tinggi, di atas 50, mungkin lebih sesuai.

"Selain melindungi kulit dari sunburn (terbakar matahari) juga melindungi kulit dari penuaan dan tentunya ada anti-oksidan di dalam tabir surya untuk melindungi kulit dari blue light (sinar biru) layar ponsel walaupun kadarnya tidak terlalu signifikan," kata dr Pandu.

Namun, perawatan kulit tidak hanya dari luar. Pria juga disarankan untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Ini termasuk istirahat yang cukup, melakukan olahraga, mengelola stres, dan asupan nutrisi yang baik. Hindari paparan sinar matahari terlalu lama, terutama di atas satu jam, dan perhatikan batas indeks UV yang direkomendasikan, yaitu antara 5 hingga 6.

Merawat kulit adalah investasi dalam kesehatan dan penampilan Anda. Dengan mengikuti saran dari seorang dokter spesialis kulit dan kelamin Anda dapat memiliki kulit yang sehat dan terlihat menawan.

Jadi, jangan lupakan rutinitas mencuci muka, menjaga kelembapan kulit, dan selalu menggunakan tabir surya ketika berada di bawah matahari. Selain itu, jaga kesehatan secara keseluruhan untuk hasil yang optimal.

Baca Juga

Komentar