Pilihan

Festival Manco Madiun Pecahkan Rekor Muri, Sajikan 50 Ribu Kue untuk Masyarakat - Harian Bhirawa

 

Festival Manco Madiun Pecahkan Rekor Muri, Sajikan 50 Ribu Kue untuk Masyarakat

By Helmi Supriyatno
harianbhirawa.co.id
2 min
April 9, 2023
Representative MURI, Sri Widayati menyerahkan piagam penghargaan MURI kepada pemrakarsa dan penyelenggara yaitu kepada Bupati Madiun Ahmad Dawami, Camat Kebonsari Tarnu Assidiq dan Kepala Desa Tambakmas Sugeng Wibowo, Minggu
Representative MURI, Sri Widayati menyerahkan piagam penghargaan MURI kepada pemrakarsa dan penyelenggara yaitu kepada Bupati Madiun Ahmad Dawami, Camat Kebonsari Tarnu Assidiq dan Kepala Desa Tambakmas Sugeng Wibowo, Minggu
Kabupaten Madiun, Bhirawa.
Sebanyak 455 tumpeng kue manco yang tersaji dalam Festival Manco Madiun 2023, di lapangan Desa Tambakmas, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun, Minggu (3/9). Lebih spesial lagi, kue jajanan khas Kabupaten Madiun tersebut kini tercatat di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai sajian kue manco terbanyak.

Rekor MURI tersebut merupakan yang 11.202 dengan sajian kue manco terbanyak, yaitu 50 ribu kue di 455 gunungan sesuai dengan Hari Jadi ke-455 Kabupaten Madiun.

Penyerahan Rekor MURI tersebut diberikan oleh perwakilan representatif MURI, Sri Widayati mewakili Ketua Umum MURI, Jaya Suprana kepada Bupati Madiun. Selain itu, rekor tersebut juga diberikan kepada Camat Kebonsari, Kepala Desa Tambakmas selaku pemrakarsa dan penyelenggara kegiatan tersebut.

” Mewakili Ketua Umum MURI, Bapak Jaya Suprana kami umumkan sekaligus mengesahkan bahwa sajian kue manco terbanyak 50 ribu kue di 455 gunungan resmi tercatat di MURI, sebagai rekor ke 11.202,”kata Representative MURI, Sri Widayati saat acara penyerahan penghargaan MURI kepada Bupati Madiun tersebut..

Dikatakan oleh Sri Widayatiu, kegiatan pencatatan rekor yang mengangkat kearifan lokal makanan khas dari Desa Tambakmas, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun ini tidak hanya tercatat di rekor nasional. Namun oleh Ketua Umum MURI juga dikukuhkan sebagai rekor dunia.

” Hari ini merupakan sebuah kehormatan dari MURI bisa berada di tengah – tengah bapak ibu sekalian untuk mencatat satu karsa dan karya spektakuler yang sama sama bisa kita saksikan yaitu sajian kue manco terbanyak disajikan dalam 455 gunungan dengan jumlah 50 ribu kue manco,” katanya.

Kue manco ini adalah salah satu makanan khas dari Kabupaten Madiun, yang banyak di produksi oleh masyarakat Dusun Grogol, Desa Tambakmas, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun. Atas upaya untuk melestarikan makanan khas tradisional kue manco ini MURI memberikan apresiasi setinggi tingginya kepada Pemkab Madiun.

” Semoga dengan publikasi malalui pencatatan rekor MURI ini semakin membawa nama harum Kabupaten Madiun sehingga semakin terkenal dan dampaknya memberikan nilai ekonomis bagi kehidupan masyarakat Kabupaten Madiun, “ungkapnya.

Hingga saat ini MURI sudah mencatat lebih dari 11 ribu lebih rekor yang selalu memberikan inspirasi menggugah semangat juang putra – putri Indonesia untuk terus menunjukkan karsa dan karya terbaik di bidangnya masing-masing, serta demi menggelorakan semangat kebanggaan nasional dari segenap komponen masyarakat Indonesia.

Bupati Madiun H. Ahmad Dawami mengatakan, melalui rekor MURI tersebut Kue Manco akan lebih dikenal oleh masyarakat luas sebagai makanan khas Kabupaten Madiun. Dirinya mengajak seluruh masyarakat untuk selalu menjaga kerukunan antar masyarakat dan mempertahankan Kue Manco tersebut.

“Kerukunan di Desa Tambakmas harus tetap dijaga, karena kue manco ini tidak hanya tercatat di nasional tapi mendunia. Ini yang harus kita jaga bersama, ” tegasnya bupati

Sementara itu, Kepala Desa Tambakmas Sugeng Wibowo menyampaikan Manco Madiun Festival ini sudah digelar ke empat kalinya. Dirinya sangat senang, karena Manco kini sudah masuk di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sehingga kini lebih mendunia. “Manco ini adalah warisan nenek moyang dan sudah menjadi produk khas dari Desa Tambakmas dan konon dipercaya hanya bisa dibuat di Desa Tambakmas,” jelasnya.

Sugeng juga menceritakan proses pembuatan Manco yang memiliki rasa renyah dan lengket karena ada lapisan gula merah. Kue jajanan yang berbahan utama tepung ketan dan gula merah tersebut legit saat digigit. [dar.gat]

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek