Pilihan

Ganjar di UI soal Marak TKA China: Kita Usir, tapi Kamu Bisa Gantikan Nggak? - detik

 

Ganjar di UI soal Marak TKA China: Kita Usir, tapi Kamu Bisa Gantikan Nggak?

By Wilda Hayatun Nufus
detikcom
September 18, 2023
Ganjar Pranowo
Ganjar Pranowo
Depok -

Bacapres PDIP Ganjar Pranowo mengisi kuliah kebangsaan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Sosial Universitas Indonesia (FISIP UI) di Depok. Ganjar menyinggung masyarakat yang protes karena marak tenaga kerja asing (TKA) dari China.

Kuliah kebangsaan itu bertajuk tema "Hendak ke mana Indonesia Kita? Gagasan, Pengalaman dan Rancangan Para Pemimpin Masa Depan", digelar di FISIP UI, Depok, Senin (18/9/2023). Ganjar menjelaskan saat masih menjabat Gubernur Jawa Tengah mendapat banyak protes dari masyarakat. Kata Ganjar, mereka meminta agar tenaga kerja asing China diusir.

"Jangan teriak-teriak banyak pegawai China, diusir Pak. Pengalaman di Jawa Tengah gitu. Ya sudah kita usir besok pagi, tapi kamu bisa gantikan nggak?'" kata Ganjar.

Ganjar mengatakan saat itu bicara blak-blakan kepada masyarakatnya di Jawa Tengah.

"Kalau saya bicara blak-blakan, Nggak ada' nanti oh ya, ya, kita akan bicarakan'. Kesuwen," kata Ganjar.

Selepas acara kuliah kebangsaan, Ganjar langsung beranjak menuju kantin FISIP UI. Dia disambut dengan sejumlah mahasiswa FISIP UI yang menyanyikan yel-yel FISIP UI.

Setelah itu, Ganjar mengunjungi perpustakaan Miriam Budiardjo Resource Center (MBRC) FISIP UI. Dia pun kemudian berfoto dengan tesis pascasarjana program ilmu politik yang dulu dikerjakannya.

"Masalah Independensi Penyelenggaraan Pemilu: Sikap Fraksi Partai Amanat Nasional, Fraksi Partai Demokrat, dan Pemerintah dalam Pembahasan Revisi Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2007 tentang Penyelenggara Pemilihan Umum," demikian judul tesis pascasarjana dari Ganjar.

Lihat juga Video: Cara Ganjar Wujudkan Indonesia Maju: Digitalisasi hingga Berantas Korupsi

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek