Pilihan

Hampir 3.000 Desa dan 3 Juta Jiwa Terkena Dampak Gempa Dahsyat Maroko - inews

 

Hampir 3.000 Desa dan 3 Juta Jiwa Terkena Dampak Gempa Dahsyat Maroko

inews.id
September 22, 2023
Tim pencari dan penyelamat berusaha mengangkat korban gempa yang tertimbun reruntuhan bangunan di Maroko, dua pekan lalu.
Tim pencari dan penyelamat berusaha mengangkat korban gempa yang tertimbun reruntuhan bangunan di Maroko, dua pekan lalu.

RABAT, iNews.id – Hampir 3.000 desa dengan total penduduk hampir 3 juta jiwa terkena dampak gempa bumi dahsyat di Maroko, beberapa waktu lalu. Hal itu terungkap lewat laporan media lokal pada Jumat (22/9/2023).

Kantor berita Maroko, MAP melansir, data itu diumumkan dalam rapat gabungan komite keuangan Majelis Tinggi dan DPR di Parlemen Maroko. Rapat tersebut diadakan untuk meninjau langkah-langkah yang diambil oleh pemerintah guna menangani dampak gempa bumi.

Menurut data itu, sebanyak 2.930 desa dengan populasi lebih dari 2,8 juta jiwa terkena dampak bencana gempa. "Sementara jumlah bangunan yang runtuh mencapai 59.647 unit, dengan 32 persen di antaranya hancur total," ungkap MAP.

Media Maroko melaporkan, pemerintah di negara itu berencana menggelontorkan 120 miliar dirham Maroko (Rp179,22 triliun) selama lima tahun ke depan untuk membangun kembali daerah yang hancur akibat gempa. Program lima tahun ini dikatakan akan mencakup enam wilayah di negara dengan total populasi sekitar 4,2 juta orang.

Pada 9 September, gempa dahsyat berkekuatan magnitudo 6,9 melanda Maroko, tepatnya 77 kilometer sebelah barat daya Kota Marrakesh yang didiami 839.000 penduduk. Pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer dan diikuti sedikitnya empat kali gempa susulan dengan magnitudo 4,8.

Menurut data Kementerian Dalam Negeri Maroko, gempa tersebut menewaskan 2.946 jiwa dan melukai lebih dari 5.600 orang. Raja Muhammad VI mengumumkan tiga hari berkabung di negaranya atas bencana alam itu.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Follow Berita iNews di Google News

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek