Hutan Gunung Lawu Kembali Terbakar, Ratusan Personel Dikerahkan Padamkan Api - inews

 

Hutan Gunung Lawu Kembali Terbakar, Ratusan Personel Dikerahkan Padamkan Api

By Zanuar Setiadji
jateng.inews.id
September 30, 2023
kebakaran melanda hutan Gunung Lawu, Kabupaten Karanganyar, Jumat
kebakaran melanda hutan Gunung Lawu, Kabupaten Karanganyar, Jumat

KARANGANYAR, iNews.id – Kebakaran kembali melanda hutan Gunung LawuKabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Jumat (29/9/2023) malam.

Kebakaran hutan kawasan Gunung Lawu itu terjadi tepatnya di Bukit Ngembel, Petak 40 Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu.

Kobaran api mulai terlihat sekitar pukul 17.30 WIB oleh warga yang tengah beraktivitas. Kencangnya tiupan angin membuat api terus merembet ke bagian lainnya.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Karanganyar, Yoppy Nursendy mengatakan, seratusan personel gabungan dikerahkan untuk memadamkan api di kawasan lereng Gunung Lawu.

“Upaya pemadaman dilakukan secara manual dengan menggunakan ranting daun dan peralatan seadanya. Pemadaman terkendal kondisi medan yang gelap dan kencangnya angina,” katanya.

Terkait penyebab kebakaran, Yoppy mengaku masih dalam penyelidikan pihak terkait.

“Termasuk luas lahan hutan yang terbakar masih dalam perhitungan pihak perhutani,” katanya.

Dia menambahkan, kebakaran hutan di Gunung Lawu ini sudah keempaat kalinya terjadi sepanjang 2023. Sebelumnya kebakaran hutan lawu terjadi di petak 39-1 di rencana pengelolaan hutan (RPH) Tlogo Dringo BKPH Lawu Utara, 22 September 2023 lalu dengan luas lahan yang terbakar mencapai 4 hektare.

Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNewsJateng di Google News

Baca Juga

Komentar