Jet Siluman F-35 Lenyap, AS Minta Bantuan Warga untuk Mencari By BeritaSatu

 

Jet Siluman F-35 Lenyap, AS Minta Bantuan Warga untuk Mencari

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
September 18, 2023
Jet tempur AS F-35.
Jet tempur AS F-35.

Washington, Beritasatu.com - Sebuah jet tempur AS yang memiliki kemampuan siluman tak terpantau radar, telah menghilang pada Minggu (17/9/2023). Menghilangnya itu bukan dari kegiatan pengintaian militer, melainkan benar-benar tidak bisa ditemukan. Situasi ini membuat militer AS membuat melakukan sesuatu yang tak biasa, yakni meminta bantuan warga untuk menemukan pesawat bernilai jutaan dolar tersebut.

Diketahui sebelumnya pihak berwenang melaporkan, terjadi kecelakaan saat seorang pilot menerbangkan F-35 di negara bagian selatan Carolina Selatan. Sang pilot berhasil keluar dari pesawat tersebut.

Pilotnya selamat, tetapi militer menghadapi masalah yang mahal, mereka tidak dapat menemukan jet tersebut, sehingga Pangkalan Gabungan Charleston meminta bantuan dari penduduk setempat.

“Jika Anda memiliki informasi apa pun yang dapat membantu tim pemulihan kami menemukan F-35, silakan hubungi Pusat Operasi Pertahanan Pangkalan,” sebuah postingan dari pangkalan tersebut terbaca di X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

Otoritas pangkalan mengatakan mereka sedang melakukan pencarian, berkoordinasi dengan regulator penerbangan federal, di sekitar dua danau di utara kota Charleston.

Pesawat-pesawat tersebut, diproduksi oleh Lockheed Martin, berharga sekitar $80 juta (sekitar Rp 1,2 triliun) per unit.

Baca Juga

Komentar