Jokowi dan PM Tiongkok Bahas Ekspor Sarang Burung Walet hingga Durian By BeritaSatu.

 

Jokowi dan PM Tiongkok Bahas Ekspor Sarang Burung Walet hingga Durian

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
September 6, 2023
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam KTT ke-11 ASEAN-Amerika Serikat, Rabu, 6 September 2023.
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam KTT ke-11 ASEAN-Amerika Serikat, Rabu, 6 September 2023.

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan Perdana Menteri Tiongkok Li Qiang, di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (8/9/2023).

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia yang hadir dalam pertemuan tersebut menyatakan keduanya membahas investasi serta ekspor komoditas Indonesia ke Tiongkok, seperti sarang burung walet, perikanan, dan durian.

“Dengan Tiongkok, tadi presiden juga membahas beberapa kerja sama, di antaranya pengiriman komoditas kita ke Tiongkok seperti sarang burung walet, perikanan, hingga buah-buahan, seperti durian," kata Bahlil.

Selain itu, dibicarakan realisasi investasi di Kalimantan Utara (Kaltara) dan beberapa ekspansi investasi maupun investasi baru di Indonesia.

Dalam pertemuan dengan PM Tiongkok, Jokowi didampingi Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto. Hadir juga Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Presiden Jokowi pada hari yang sama menerima kunjungan Presiden Korea Selatan (Korsel) Yoon Suk Yeol, di Istana Merdeka membahas percepatan pembangunan kendaraan listrik (electric vehicle/EV) hingga impor bahan baku kedua negara.

Baca Juga

Komentar