Pilihan

Jokowi hingga Bos IMF Bakal Hadiri ASEAN-Indo Pacific Forum di Hotel Mulia - detik

 

Jokowi hingga Bos IMF Bakal Hadiri ASEAN-Indo Pacific Forum di Hotel Mulia

By Ilyas Fadilah
finance.detik.com
September 2, 2023
Foto: The Suites at Hotel Mulia Senayan
Foto: The Suites at Hotel Mulia Senayan
Jakarta -

ASEAN-Indo Pacific Forum (AIPF) bakal digelar pada 5-6 September 2023 sebagai bagian rangkaian ASEAN Summits 2023 di Hotel Mulia Jakarta, 5-6 September mendatang. Sejumlah petinggi negara dan perwakilan internasional dijadwalkan hadir dalam pertemuan itu.

Melansir situs Kementerian Luar Negeri Indonesia, dijadwalkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal memberikan pidato dalam AIPF. Menteri BUMN Erick Thohir juga dijadwalkan menghadiri acara tersebut. Keduanya hadir di hari pertama AIPF.

Terdapat sesi panel dengan tema General Outlook From the Region yang bakal diisi oleh Presiden Bank Dunia Ajay Banga, Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva, dan dipandu oleh moderator Chatib Basri, Mantan Menteri Keuangan Indonesia 2013-2014.

Ketua ASEAN Business Advisory Council (ABAC) Arsjad Rasjid juga dijadwalkan berpidato terkait program ABAC yang berhubungan dengan AIPF dan Indo-Pasific. Kemudian agenda dilanjutkan pada sesi panel tentang tiga subtema AIPF. Sesi ini diisi oleh Ahmed Mazhari (Presiden Microsoft Asia), Abdulaziz Alobaidli (COO Masdar) dan Sunarso (CEO Bank Rakyat Indonesia).

Hari kedua AIPF atau pada tanggal 6 September, sejumlah narasumber bakal berdiskusi dalam beberapa subtema acara. Terdapat nama Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati yang akan berdiskusi seputar infrastruktur ramah lingkungan dan rantai pasok yang tangguh.

Sementara itu Rosan Roeslani, Wakil Menteri BUMN bakal berpidato terkait transformasi digital yang inklusif. Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Mansury juga dijadwalkan memberikan pidato ringkas terkait Percepatan Transisi Hijau: Peran Indonesia dan ASEAN.

Adapun Kerja sama antara ASEAN dan mitranya di Indo-Pasifik menjadi kunci untuk menjaga momentum pertumbuhan ini. Pemangku kepentingan dunia usaha dan publik dari Negara-negara Anggota ASEAN beserta mitranya akan bekerja sama dalam kerjasama konkrit secara inklusif dan semakin membuka potensi ASEAN sebagai pusat pertumbuhan.

"ASEAN-Indo Pacific Forum (AIPF): Implementasi ASEAN Outlook on the Indo-Pacific, merupakan acara unggulan yang diselenggarakan oleh Indonesia sebagai bagian dari Keketuaan ASEAN pada tahun 2023," tulis Kementerian Luar Negeri RI dalam keterangannya, Sabtu (2/9/2023).


(ily/hns)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek