KCIC Pastikan Seluruh Stasiun Kereta Cepat Siap Dioperasikan - Beritasatu

 

KCIC Pastikan Seluruh Stasiun Kereta Cepat Siap Dioperasikan

By Heri Purnomo
inews.id
September 29, 2023
KCIC memastikan seluruh Stasiun Kereta Cepat sudah siap dioperasikan jelang peresmian pada 2 Oktober 2023 mendatang.
KCIC memastikan seluruh Stasiun Kereta Cepat sudah siap dioperasikan jelang peresmian pada 2 Oktober 2023 mendatang.

JAKARTA, iNews.id - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) memastikan seluruh Stasiun Kereta Cepat sudah siap dioperasikan jelang peresmian pada 2 Oktober 2023 mendatang. Secara konstruksi, Stasiun Halim, Stasiun Karawang dan Stasiun Tegalluar sudah mencapai 100 persen.

Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan, untuk Stasiun Padalarang yang semula ditargetkan selesai pada Desember 2023 kini pembangunannya sudah mencapai 100 persen. Artinya, pembangunan tersebut lebih cepat daripada target.

"Ini tinggal peralihan saja semuanya dan sekarang kita menyempurnakan," ucap Dwiyana saat ditemui dalam acara Hub Space di JCC, Jakarta, Jumat (29/9/2023).

Dia menambahkan, pihaknya saat ini tengah menyempurnakan terkait integrasi antarmoda dari stasiun yang akan dilewati oleh kereta cepat.

"Di Halim ada Transjakarta sudah mulai masuk. Di Tegalluar ada Damri, ada shuttle busnya Summarecon sudah mulai masuk. Semuanya seperti itu, termasuk parkir kita pikirkan dan juga komersial area," tuturnya.

"Jadi nggak bisa brek-brek gitu karena memang membangun kereta api itu membangun sistem ya artinya terisi sub sistem-sub sistem sehingga membutuhkan waktu mencapai titik ideal termasuk aksesibilitas," ucapnya.

Editor : Aditya Pratama

Follow Berita iNews di Google News

Dia juga menjelaskan, untuk akses Stasiun Tegalluar masyarakat sudah bisa menggunakan Jembatan Cibiru Hilir. Melalui jembatan ini, perjalanan dari Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung menuju Stasiun Kereta Cepat Tegalluar hanya memakan waktu sekitar 15 menit dengan melalui wilayah Summarecon dan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Jika melalui tol dari arah Bandung, masyarakat bisa melalui exit KM 149 Tol Purbaleunyi yang akan segera dibuka, kemudian melintasi wilayah Summarecon, GBLA, dan melewati Jembatan Cibiru Hilir dengan waktu tempuh sekitar 10 menit.

"Dengan jembatan ini pula, Stasiun KA Cepat Tegalluar juga akan terhubung dengan Stasiun Cimekar sekitar 15 menit dan 20 menit ke Stasiun Gedebag," tuturnya.

Aksesibilitas menjadi salah satu komponen penting dalam memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi calon penumpang. Nantinya selain dari Jembatan Cibiru Hilir, Stasiun Tegalluar juga bisa diakses melalui exit tol KM 151A dan Drop Zone Tol KM 151B yang saat ini sedang dipersiapkan.

Selain aksesibilitas yang beragam, Stasiun Kereta Cepat akan terintegrasi dengan moda transportasi lain. Untuk penyediaan intermoda di Stasiun Tegalluar, akan disediakan shuttle bus menuju Stasiun Cimekar, Commuter Line Bandung Raya dan Commuter Line Garut via Stasiun Cimekar, BRT Trans Metro Pasundan, Damri, serta taksi konvensional dan online.

Editor : Aditya Pratama

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar