Pilihan

Kebakaran Museum Nasional, Bagaimana Nasib Koleksi Penting di Dalamnya? By BeritaSatu

 

Kebakaran Museum Nasional, Bagaimana Nasib Koleksi Penting di Dalamnya?

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
September 16, 2023
Tangkapan layar video yang menunjukkan kebakaran melanda Museum Nasional atau Museum Gajah, Jakarta Pusat
Tangkapan layar video yang menunjukkan kebakaran melanda Museum Nasional atau Museum Gajah, Jakarta Pusat

Jakarta, Beritasatu.com - Kebakaran melanda Museum Nasional atau Museum Gajah di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Sabtu (16/9/2023).

Berdasarkan informasi dari Command Center Pemadam Kebakaran DKI Jakarta, kebakaran melanda Gedung A Museum Gajah. Gedung A Museum Gajah digunakan untuk ruang pamer dan penyimpanan koleksi.

Museum Nasional atau Museum Gajah banyak mengoleksi benda-benda kuno dari seluruh Nusantara. Beberapa di antaranya arca-arca kuno, prasasti, benda-benda kuno lainnya dan barang-barang kerajinan. Koleksi-koleksi tersebut dikategorisasikan ke dalam etnografi, perunggu, prasejarah, keramik, tekstil, numismatik, relik sejarah, buku langka dan benda berharga.

Hingga kini belum diketahui nasib benda-benda bersejarah dan koleksi penting di Museum Gajah tersebut.

Saat ini, sebanyak 13 unit mobil pemadam kebakaran dan 52 personel dikerahkan ke lokasi untuk memadamkan kebakaran Museum Gajah.

"Pengerahan saat ini sebanyak 13 unit serta 52 personel sedang berupaya melokalisasi perambatan api," tulis akun Twitter @humasjakfire.

Diberitakan, kebakaran melanda Museum Nasional atau yang dikenal dengan nama Museum Gajah, Jakarta Pusat, Sabtu (16/9/2023) malam. Kebakaran di Museum Gajah yang terletak di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, itu terjadi sekitar pukul 20.00 WIB.

Berdasarkan informasi, api melalap Gedung A Museum Gajah.

"Terjadi kebakaran di Jalan Medan Merdeka Barat, Kelurahan Gambir, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat," tulis akun Twitter atau X @humasjakfire.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek