Pilihan

Damkar DKI: Museum Nasional Aman, Yang Terbakar Bagian Belakang - detik

 

Damkar DKI: Museum Nasional Aman, Yang Terbakar Bagian Belakang

By Eva Safitri
detikcom
September 16, 2023
Museum Nasional atau Museum Gajah
Museum Nasional atau Museum Gajah
Jakarta -

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta atau pihak pemadam kebakaran (damkar) menyatakan Museum Nasional tetap aman meski saat ini dilanda kebakaran. Soalnya, bagian yang terbakar hanya di bagian tertentu.

"Info museum aman dan yang terbakar bagian belakang," kata Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta Satriadi Gunawan kepada detikcom

Total, ada 13 unit mobil pemadam kebakaran dan 52 personel pemadam kebakaran yang meluncur memadamkan api di lokasi.

Museum Nasional beralamat di Gambir, seberang Monas, Jl Medan Merdeka Barat. Sebelumnya, pihak Dinas Gulkarmat menyatakan bagian yang terbakar adalah salah satu gedung di kompleks ini.

"Gedung A, Museum Nasional, Jl Medan Merdeka Barat," kata petugas command center Dinas Gulkarmat DKI Jakarta kepada detikcom.

Berdasarkan situs Museum Nasional, Gedung A digunakan untuk ruang pamer dan wahana Imersif. Sedangkan Gedung B, dikenal pula dengan sebutan Gedung Arca, yang dibuka secara resmi pada 20 Juni 2007 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, selain digunakan untuk pameran, juga digunakan untuk kantor, ruang konferensi, laboratorium, ruang pameran temporer, area komersial, dan perpustakaan.

Pemadam Kebakaran menyebut kebakaran terjadi pada pukul 20.00 WIB di museum paling terkemuka di negara ini. Hingga saat ini, petugas masih berusaha memadamkan api.


(dnu/idh)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek