Kia dan Hyundai Recall 3,37 Juta Kendaraan, Ini Penyebabnya By BeritaSatu

 

Kia dan Hyundai Recall 3,37 Juta Kendaraan, Ini Penyebabnya

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
September 28, 2023
Hyundai Genesis G80
Hyundai Genesis G80

Jakarta, Beritasatu.com - Kia dan Hyundai akan melakukan recall atau penarikan kembali 3,37 juta kendaraan yang dijual di Amerika Serikat (AS) karena potensi risiko kebakaran mesin. Para pemilik kendaraan juga telah diinstruksikan untuk memarkir kendaraan mereka di luar dan menjauhkannya dari bangunan hingga perbaikan dilakukan.

Dilansir dari Reuters, Kamis (28/9/2023), kesalahan dalam sistem rem internal pada kendaraan tersebut dapat mengakibatkan korsleting listrik, yang pada gilirannya dapat menyebabkan kebakaran.

Karenanya, The National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) menyarankan pemilik kendaraan untuk mengikuti petunjuk produsen dan memarkir kendaraan di luar sampai perbaikan selesai.

KIA
KIA

Hyundai melaporkan 21 insiden kebakaran dan 21 insiden termal lainnya terkait penarikan tersebut sejak 2017, sementara Kia melaporkan setidaknya 10 kebakaran dan insiden leleh yang terkonfirmasi. Menurut NHTSA, tidak ada laporan mengenai kecelakaan, cedera, atau korban jiwa yang terkait dengan penarikan ini.

Kia akan menarik kembali 1,73 juta kendaraan termasuk Sportage, Borrego, Cadenza, Forte, Sorento, K900, Optima, Soul, Rondo, dan Rio dengan berbagai model dari tahun 2010 hingga 2017.

Hyundai akan menarik kembali 1,64 juta kendaraan termasuk Sonata Hybrid, Elantra, Genesis Coupe, Accent, Equus, Veracruz, Tucson, Tucson Fuel Cell, Azera, Veloster, Santa Fe, dan Santa Fe Sport dari model tahun 2011 hingga 2015.

Penarikan kembali ini berkaitan dengan modul anti-lock brake system (ABS) yang dapat mengalami kebocoran minyak rem internal dan mengakibatkan korsleting listrik, yang dapat menyebabkan kebakaran saat kendaraan diparkir atau digunakan.

Hyundai berencana untuk mengganti sekring modul ABS di dealer, sementara Kia masih mencari solusi untuk permasalahan serupa. Pemberitahuan kepada pemilik kendaraan tentang penarikan ini dijadwalkan akan dilakukan pada November 2023.

Baca Juga

Komentar