Pilihan

Kim Jong Un Benci Korea Selatan, kok Dikawal Pakai Mobil Hyundai? - inews

 

Kim Jong Un Benci Korea Selatan, kok Dikawal Pakai Mobil Hyundai?

By Anton Suhartono
inews.id
September 22, 2023
Kim Jong Un dikawal pakai mobil Hyundai selama kunjungan ke Rusia
Kim Jong Un dikawal pakai mobil Hyundai selama kunjungan ke Rusia

SEOUL, iNews.id - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un sangat benci Korea Selatan (Korsel), termasuk budaya dan produk-produknya. Namun pemandangan mengejutkan terlihat selama kunjungannya ke Rusia pekan lalu. Kim tampak dikawal mobil-mobil pabrikan Hyundai asal Negeri Gingseng.

Itu terlihat dalam film dokumenter yang disiarkan stasiun televisi pemerintah Korut, KCTV, yang tayang pada Rabu (20/9/2023). Film berdurasi 1,5 jam, 'A Historical Moment: Setting a New Milestone in North Korea-Russia Relations', itu menjelaskan secara menyeluruh kunjungan Kim selama 10 hari di Rusia.

Mobil anti-peluru Kim, Mercedes Benz Maybach, dikawal oleh beberapa van pabrikan Hyundai Motor, Staria. Ada pula mobil lain juga menampilkan logo 'H' khas Hyundai Motor.

Film dokumenter tersebut secara konsisten menunjukkan mobil van berlogo Hyundai sejak Kim tiba di Kota Vladivostok, Timur Jauh, pada 16 September. Pemandangan yang sama berlanjut saat Kim mengunjungi kota lain.

Uniknya lagi, film dokumenter menyertakan beberapa foto jarak dekat van berlogo Hyundai.

Konvoi tersebut terekam saat mengantar Kim menonton pertunjukan balet The Sleeping Beauty di Primorsky Teater Mariinsky pada Sabtu malam lalu.

Van berlogo Hyundai juga tampak saat Kim berjalan menuju kampus Universitas Federal Timur Jauh di Pulau Russky pada Minggu pagi, kemudian ke Akuarium Primorsky.

Usai mengunjungi Arnika Bio-Feed Mill yang merupakan pemberhentian terakhir, mobil Kim menuju stasiun kereta api, masih dijaga oleh mobil van Hyundai.

Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News

Sementara itu Kementerian Unifikasi Korsel menganggap keputusan Korut untuk secara terbuka menampilkan logo Hyundai yang belum diedit merupakan hal tidak biasa.

Hal ini berbeda dengan kejadian di masa lalu, seperti siaran Piala Dunia Qatar 2022. Saat itu KCTV mengaburkan iklan mobil Hyundai di stadion sampai benar-benar tidak dapat dikenali.

“Penampilan publik merek dagang Korea Selatan dengan cara seperti itu tidak biasa dalam film dokumenter,” kata seorang pejabat senior Kementerian Unifikasi Korsel, dikutip dari Korea Herald, Jumat (22/9/2023).

Meski demikian kementerian tidak bisa memastikan tujuan Korut tak menyensor logo Hyundai. Tak diketahui pula, apakah mobil untuk mengawal Kim tersebut disediakan oleh otoritas Rusia atau dibawa dari Korut.

Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek