Pangeran MbS: Jika Iran Punya Nuklir, Saudi juga Harus Punya - CNN Indonesia

 

Pangeran MbS: Jika Iran Punya Nuklir, Saudi juga Harus Punya

Jumat, 22 Sep 2023 15:15 WIB

Pangeran Saudi MbS menyebut jika Iran punya senjata nuklir, Saudi juga akan melakukan yang sama demi alasan keamanan di Timteng.

Putra Mahkota Saudi Pangeran MbS buka suara soal nuklir Iran. Foto: AP/Leon Neal

Jakarta, CNN Indonesia --

Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MbS) menegaskan jika Iran mempunyai senjata nuklir, maka Saudi juga akan melakukan hal yang sama.

"Jika mereka [Iran] mendapatkannya, kita harus mendapatkannya," kata Pangeran MbS dalam wawancara eksklusif dengan Fox News.

MbS menyebut langkah seperti itu diperlukan untuk alasan keamanan dan untuk menyeimbangkan kekuatan di Timur Tengah.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Tapi kami tidak ingin melihatnya," kata MbS, mengutip The Hill.

Meski mengutarakan keinginan tersebut, Pangeran MbS memperingatkan tentang bahaya senjata nuklir dengan menyebut langkah itu sebagai hal yang buruk.

"Kami khawatir jika ada negara yang memiliki senjata nuklir. Itu buruk, itu langkah yang buruk," ungkapnya.

Menurutnya upaya untuk mendapatkan senjata nuklir adalah upaya yang sia-sia, karena sama dengan menyatakan perang terhadap dunia.

"Bahkan jika Iran mempunyai senjata nuklir, [jika] ada negara yang menggunakan senjata nuklir, itu berarti mereka sedang berperang dengan negara lain," ungkapnya.

MbS melanjutkan, "Dunia tidak bisa melihat Hiroshima yang lain. Jika dunia melihat 100 ribu orang tewas, itu berarti Anda sedang berperang dengan seluruh dunia."

Pada 2018 lalu, MbS juga pernah mengeluarkan peringatan serupa. Pengulangan peringatan seperti ini menunjukkan bahwa opsi militer masih menjadi indikator dalam perencanaan nuklir Kerajaan Saudi.

(dna/bac)

Baca Juga

Komentar