Kisah Inspiratif, Anak Penjual Bubur Lolos Fakultas Kedokteran Unair lewat Jalur Prestasi - inews

 

Kisah Inspiratif, Anak Penjual Bubur Lolos Fakultas Kedokteran Unair lewat Jalur Prestasi

By Nani Suherni
jatim.inews.id
September 10, 2023
Gadis bernama Kartika Devina Putri asal Palembang berhasil lolos Fakultas  Kedokteran Universitas Airlangga melalui jalur SNBP secara gratis
Gadis bernama Kartika Devina Putri asal Palembang berhasil lolos Fakultas  Kedokteran Universitas Airlangga melalui jalur SNBP secara gratis

SURABAYA, iNews.id – Kisah inspiratif kali ini datang dari seorang anak penjual bubur kacang hijau. Gadis bernama Kartika Devina Putri asal Palembang berhasil lolos Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (UNAIR) melalui jalur SNBP (seleksi kuliah jalur rapor atau prestasi ) secara gratis.

“Dokter itu cita-cita aku sejak lahir kak, tapi aku sadar dengan finansial keluarga rasanya tidak yakin. Makanya aku belajar lebih keras sampai mendarah daging setiap hari,” tutur Kartika dilansir dari portal resmi Unair, Jumat (18/8/2023).

Pekerjaan ayahnya yang harus berangkat pagi pulang petang untuk berjualan kacang hijau menjadi pemicu semangatnya untuk merubah nasib keluarga. Namun tak jarang masih banyak masyarakat yang mengecilkan semangatnya, mengingat kuliah di kedokteran memerlukan biaya yang mahal.

“Banyak yang bilang kalau meskipun dengan beasiswa tidak akan mungkin bisa. Tapi aku tidak akan menyerah, kalau perlu aku kuliah sambil usaha sampai pendidikanku selesai,” ujarnya.

Meskipun dengan keterbatasan ekonomi, pendidikan selalu ditanamkan untuk menjadi investasi terpenting dalam keluarga Kartika. Hal itu yang membuatnya menjadi siswa berprestasi dan tidak pernah membayar biaya sekolah sejak SD sampai kuliah. Kartika juga selalu mendapat juara satu paralel di sekolah.

“Meskipun ayah saya hanya lulusan STM, tapi beliau selalu menekankan bahwa pendidikan adalah investasi yang panjang,” ucapnya.

Editor : Nani Suherni

Follow Berita iNewsJatim di Google News

Tak hanya menjadi siswa berprestasi, Kartika juga aktif dalam mengikuti kegiatan organisasi. Dia menjadi ketua MPK provinsi, Green Generation, Gen Smart Indonesia dan beberapa organisasi lain. Meski begitu tidak menjadi kendala baginya untuk mengukir prestasi di kancah internasional.

“Alhamdulillah Kartika juga ikut beberapa lomba dan salah satunya mendapat best team speaker harvest education by Asia Education dari Melbourne University,” ucapnya.

Kartika juga menyusun strategi dan mengelola peluang saat pendaftaran SNBP. Pihaknya selalu mengikuti sharing session, dan mencari tahu seluk beluk penilaian seleksi UNAIR. Hal itu mengantarnya meraih mimpinya.

“Ke depan mimpi saya menjadi mahasiswa berprestasi, saya akan memanfaatkan setiap kesempatan pun pertukaran pelajar ke luar negeri untuk mengimplementasikan ilmu yang saya dapat di UNAIR,” katanya.

Editor : Nani Suherni

Follow Berita iNewsJatim di Google News

Baca Juga

Komentar