Megawati, JK, hingga Prabowo Hadiri Gala Dinner KTT Ke-43 ASEAN - detik

 

Megawati, JK, hingga Prabowo Hadiri Gala Dinner KTT Ke-43 ASEAN

By Wilda Hayatun Nufus
detikcom
September 6, 2023
Megawati tiba bersama Puan di gala dinner KTT ASEAN
Megawati tiba bersama Puan di gala dinner KTT ASEAN
Jakarta -

Para delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-43 Perhimpunan Negara-Negara Asia Tenggara (ASEAN) akan mengikuti gala dinner malam ini. Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri hingga Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (JK) sudah hadir di lokasi.

Gala dinner KTT digelar di Hutan Kota Gelora Bung Karno (GBK), Plataran, Jakarta, Rabu (6/9/2023). Terlihat Megawati dan JK tiba di lokasi.

Istri Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Sinta Nuriyah Wahid, Ketua DPR RI Puan Maharani, dan Wakil Presiden ke-11 Boediono juga hadir dalam gala dinner KTT KE-43 ASEAN ini.

Sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju juga sudah tiba di Hutan Kota. Para menteri itu adalah Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri PPPA Bintang Puspayoga, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri BUMN Erick Thohir, Menhan Prabowo, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Mendag Zulkifli Hasan, hingga Menkeu Sri Mulyani.

22 Kepala Negara Akan Hadiri KTT ASEAN

Gala dinner merupakan rangkaian KTT ke-43 ASEAN di Jakarta. Sebagai informasi, total ada 22 pimpinan negara yang hadir terdiri dari 11 negara ASEAN, yakni Indonesia, Singapura, Thailand, Malaysia, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, Kamboja, dan Timor Leste.

Kemudian, ada sembilan negara mitra yang diundang, yakni Republik Korea, India, Jepang, RRT, Selandia Baru, Kanada, Australia, Rusia, dan Amerika Serikat (AS).

Ada tambahan dua negara lagi, yakni Bangladesh sebagai Ketua Indian Ocean Rim Association (IORA) dan Cook Islands sebagai Ketua Pacific Island Forum (PIF).

Indonesia juga mengundang organisasi internasional persatuan bangsa-bangsa (PBB), World Bank, International Monetary Fund (IMF), World Economic Forum, IORA, dan PIF.

Tema Keketuaan ASEAN Indonesia 2023 adalah 'ASEAN Matters: Epicentrum of Growth'. Melalui tema tersebut, Indonesia ingin memastikan bahwa ASEAN tidak sebatas organisasi yang berperan bagi kawasan, tapi juga untuk dunia.

Baca Juga

Komentar