Pilihan

Mendikbud Nadiem Bentuk Tim Inventarisasi Benda Sejarah di Museum Nasional - detik

 

Mendikbud Nadiem Bentuk Tim Inventarisasi Benda Sejarah di Museum Nasional

By Rumondang Naibaho
detikcom
September 16, 2023
Mendikbud Nadiem Makarim cek lokasi kebakaran di Museum Nasional.
Mendikbud Nadiem Makarim cek lokasi kebakaran di Museum Nasional.
Jakarta -

Mendikbudristek Nadiem Makarim mengatakan pihaknya akan membentuk tim gabungan untuk menginventarisir benda-benda sejarah di Museum Nasional. Nadiem mengatakan prioritasnya saat ini yakni menyelamatkan benda-benda bersejarah yang ada di museum.

"Jadi mungkin pertama prioritas utama kita sekarang adalah sebenarnya menyelamatkan sebanyak mungkin artefak-artefak dan benda-benda bersejarah yang ada di dalam ruangan-ruangan yang terdampak oleh kebakaran ini. Itu adalah prioritas utama kami," ujar Nadiem kepada wartawan, di Museum Nasional, Jakarta Pusat, Minggu (17/9/2023) dini hari.

Dia menuturkan saat ini pihaknya telah membentuk tim gabungan. Tim itu akan mencatat kerusakan di museum usai kebakaran.

"Jadi kami membuat tim gabungan ya, antara tim museum dan pakar-pakar museum yang akan bekerja sama dengan aparat kepolisian, dan juga aparat pemadam kebakaran untuk memastikan bahwa benda benda tersebut bisa kita catat apa kerusakannya dan juga bisa kita amankan bagi yg masih bisa diamankan," jelasnya.

Nadiem menuturkan saat ini inventarisasi belum dilakukan karena keamanan. Bangunan museum pasca kebakaran masih harus diwaspadai.

"Jadi sat ini belum bisa masuk kita ke dalam nya untuk melakukan inventarisasi ya dari barang-barang tersebut. Karena dari aparat pemadam kebakaran belum disebut aman," jelasnya.


(eva/eva)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek