Menhub Sebut Masyarakat Bisa Pakai Kereta Cepat Jakarta-Bandung Oktober By garudanews24

 

Menhub Sebut Masyarakat Bisa Pakai Kereta Cepat Jakarta-Bandung Oktober

By Beranda
garudanews24.id
September 4, 2023

Jakarta –

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengikuti uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) hari ini, Sabtu (2/9/2023). Dalam kesempatan itu ia mengatakan serangkaian uji coba kereta cepat akan terus dilakukan hingga dinyatakan siap beroperasi.

Dalam uji coba kali ini, Budi Karya mengawali dengan peninjauan kesiapan Stasiun Kereta Cepat Halim. Kemudian ia melakukan perjalanan kereta cepat dari Stasiun Halim menuju Stasiun Padalarang.

Menurutnya perjalanan berlangsung dengan mulus dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 30 menit dengan kecepatan tertinggi hingga 352 km/jam.

“Kami bersama KCIC terus berupaya melakukan penyempurnaan dengan melakukan serangkaian uji coba. Mudah-mudahan uji coba berjalan lancar dengan hasil yang baik, sehingga sudah bisa digunakan masyarakat pada bulan Oktober 2023,” kata Budi Karya dalam sebuah keterangan tertulis.

Selain mencoba kereta cepat, Budi Karya juga menyempatkan diri untuk mencoba feeder yang menghubungkan Stasiun Padalarang dengan Stasiun Bandung. Sejumlah pembangunan terlihat masih dilakukan untuk mengoptimalkan perjalanan kereta feeder.

Perjalanan dari Stasiun Padalarang ke Stasiun Bandung menempuh waktu perjalanan selama 20 menit. Dengan begitu, dari Jakarta menuju pusat kota Bandung menempuh waktu sekitar 50 menit.

Dirinya menargetkan soft launching pengoperasian kereta cepat ini akan dimulai pada 1 Oktober 2023 mendatang. Sedangkan pengoperasian akan dilakukan secara bertahap mulai dari 8 perjalanan kereta di bulan Oktober.

Dijelaskan kedepannya pada November 2023 jumlah perjalanan akan bertambah jadi 28 perjalanan. Kemudian pada Desember akan ada 40 perjalanan kereta, dan Januari 2024 mencapai 68 perjalanan kereta.

Sebagai informasi, selain kereta feeder ada juga sejumlah akses penghubung dari dan ke Stasiun Padalarang seperti BTS Trans Metro Pasundan Rute Alun-alun KBP, Bus Damri Rute Alun-alun Bandung-Situ Ciburuy (Via Cimahi) serta Rute usulan St. Padalarang-Lembang oleh KBB.

Selanjutnya akan ada juga angkutan perkotaan (angkot) Rute Padalarang-Rajamandala, Rute Padalarang-Cimahi-Leuwipanjang, dan rute Padalarang-Cimahi.

Tidak berhenti di sana, akan ada juga pembangunan Skybridge di Stasiun Padalarang, Cimahi, dan Bandung, serta pembangunan Flyover Ciroyom dan Pusdikpom. Semuanya ditargetkan selesai pada 2023 ini.

Dengan begitu ia memastikan adanya integrasi antara kereta cepat dengan moda transportasi lainnya untuk kemudahan akses calon pengguna layanan.

(hns/hns)

Baca Juga

Komentar