Pilihan

Menlu Retno Promosi Kain NTT di Sidang Majelis Umum PBB By CNN Indonesia

 

Menlu Retno Promosi Kain NTT di Sidang Majelis Umum PBB

By CNN Indonesia
cnnindonesia.com
September 23, 2023
Menlu RI Retno Marsudi. (Reuters/Willy Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mempromosikan kain tenun Nusa Tenggara Timur (NTT) saat berpidato di Sidang Majelis Umum ke-78 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, Amerika Serikat, Sabtu (23/9).

"Hari ini, saya mengenakan kain tradisional dari Nusa Tenggara Timur, Indonesia," kata Retno kala membuka pidato, Sabtu (23/9).

Retno tampak mengenakan blouse dari kain tradisional tersebut, yang bernuansa pink cerah. Terdapat corak biru dan kuning pula dalam motif kain tenun Retno.

Selain mempromosikan kain yang dikenakannya, Retno juga memamerkan pakaian yang dipakai para delegasi RI dalam pertemuan tersebut. Dia berujar para perwakilan Indonesia yang hadir turut mengenakan kain tradisional namun berbeda-beda guna mewakili keragaman budaya Indonesia.

"Delegasi saya mengenakan kain tradisional yang berbeda, mewakili keragaman lebih dari seribu etnis di Indonesia. Kami beragam, tetapi kami adalah satu," ucap Retno.

Retno hadir dalam Sidang Majelis Umum ke-78 PBB di New York mewakili Presiden Joko Widodo.

Dalam pidatonya, Retno menyinggung beragam persoalan mulai dari masalah Myanmar, Palestina, hingga Afghanistan.

Retno berulang kali menekankan relevansi semangat Bandung dalam momen tersebut. Menurutnya, semangat Bandung "memungkinkan Indonesia untuk mendengarkan dan menjadi bagian dari solusi."

(blq/wiw)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek