Pilihan

Museum Nasional Akan Bentuk Tim Investigasi Usut Penyebab Kebakaran By CNN Indonesia

 

Museum Nasional Akan Bentuk Tim Investigasi Usut Penyebab Kebakaran

By CNN Indonesia
cnnindonesia.com
September 16, 2023
Pihak Museum Nasional buka suara terkait peristiwa kebakaran yang terjadi pada Sabtu
Pihak Museum Nasional buka suara terkait peristiwa kebakaran yang terjadi pada Sabtu
Jakarta, CNN Indonesia --

Pihak Museum Nasional Indonesia buka suara terkait peristiwa kebakaran yang terjadi pada Sabtu (16/9). Mereka mengatakan saat ini memprioritaskan untuk melindungi benda-benda sejarah di dalam museum.

"Saat ini prioritas utama kami adalah perlindungan artefak berharga dan benda-benda sejarah yang ada di dalam museum," kata Museum Nasional dalam keterangan tertulis yang diunggah di Instagram, Sabtu (16/9).

"Petugas pemadam kebakaran sedang bekerja dengan upaya maksimal untuk memadamkan api dan menghindari kerusakan terhadap koleksi & benda sejarah," sambungnya.

Selain itu, pihak Museum Nasional juga akan membentuk tim investigasi untuk mencari tahu penyebab kebakaran yang terjadi pada Sabtu malam itu.

"Begitu api padam, kami akan langsung mengerahkan tim investigasi internal untuk menentukan penyebab pasti kebakaran serta melakukan pendataan terhadap koleksi baik yang terdampak maupun yang sudah diamankan," ujar pihak Museum Nasional.

"Kami akan bekerja sama dengan pihak berwenang untuk memastikan bahwa investigasi ini berjalan dengan transparan," pungkasnya.

Sebelumnya, kebakaran terjadi di Museum Nasional atau Museum Gajah pada Sabtu (16/9) sekitar pukul 20.00 WIB.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com pada Sabtu (16/9) pukul 21.37 WIB, kebakaran telah padam sepenuhnya, baik di bagian depan maupun belakang gedung museum.

Menurut seorang petugas kepolisian yang bertugas di TKP, api telah berhasil dipadamkan sejak setengah jam sebelumnya atau sebelum pukul 21.00 WIB.

Kebakaran itu diduga disebabkan oleh korsleting arus listri dari bedeng proyek renovasi. Sehingga, peristiwa itu menghanguskan satu gedung dan sebuah bedeng pekerja.

"Korsleting listrik di belakang pameran museum diduga berasal dari area bedeng tukang yang sedang melaksanakan perbaikan gedung Blok C," kata Kasudin Gulkarmat Asril Rizal seperti diberitakan Antara, Sabtu (16/9).

Akibat dari kebakaran tersebut, Museum Nasional akan ditutup sementara untuk umum. Belum diketahui sampai kapan museum tersebut akan dibuka kembali.

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek