Pilihan

Museum Nasional: Koleksi Repatriasi Belanda Aman dari Kebakaran By CNN Indonesia

 

Museum Nasional: Koleksi Repatriasi Belanda Aman dari Kebakaran

By CNN Indonesia
cnnindonesia.com
September 16, 2023
Pihak Museum Nasional Indonesia memastikan koleksi sejarah hasil repatriasi dari Belanda aman dari insiden kebakaran yang terjadi pada Sabtu
Pihak Museum Nasional Indonesia memastikan koleksi sejarah hasil repatriasi dari Belanda aman dari insiden kebakaran yang terjadi pada Sabtu
Jakarta, CNN Indonesia --

Pihak Museum Nasional Indonesia memastikan koleksi sejarah hasil repatriasi dari Belanda aman dari insiden kebakaran yang terjadi pada Sabtu (16/9).

Pengurus museum menuturkan api berhasil dipadamkan sekitar pukul 21.37 WIB. Pihak museum juga berhasil mengamankan koleksi dan benda-benda sejarah yang terdampak dan secara intensif terus melakukan penilaian dampak kebakaran dan penanganan koleksi-koleksi sejarah lebih lanjut.

"Koleksi hasil repatriasi dari Belanda juga dipastikan tidak terdampak karena disimpan di lokasi yang jauh dari pusat kebakaran," bunyi pernyataan Museum Nasional Indonesia pada Minggu (17/9).

Museum Nasional Indonesia menuturkan area yang terdampak kebakaran terdiri dari bagian belakang Gedung A, meski tidak menyebar luas. Karena itu, ruangan-ruangan lain di Gedung A, Gedung B, dan Gedung C, beserta isinya dipastikan aman.

"Prioritas utama MNI dan Badan Layanan Umum Museum & Cagar Budaya (BLU MCB) saat ini adalah mengidentifikasi dan memperbaiki ruangan museum yang terdampak serta memastikan keamanan benda sejarah. BLU MCB telah membentuk tim khusus yang bertanggung jawab untuk menindaklanjuti hal ini."

kebakaran terjadi di Museum Nasional atau Museum Gajah pada Sabtu (16/9) sekitar pukul 20.00 WIB.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com pada Sabtu (16/9) pukul 21.37 WIB, kebakaran telah padam sepenuhnya, baik di bagian depan maupun belakang gedung museum.

Menurut seorang petugas kepolisian yang bertugas di TKP, api telah berhasil dipadamkan sejak setengah jam sebelumnya atau sebelum pukul 21.00 WIB.

Kebakaran itu diduga disebabkan oleh korsleting arus listrik dari bedeng proyek renovasi. Sehingga, peristiwa itu menghanguskan satu gedung dan sebuah bedeng pekerja.

"Korsleting listrik di belakang pameran museum diduga berasal dari area bedeng tukang yang sedang melaksanakan perbaikan gedung Blok C," kata Kasudin Gulkarmat Asril Rizal seperti diberitakan Antara, Sabtu (16/9).

Akibat dari kebakaran tersebut, Museum Nasional akan ditutup sementara untuk umum. Belum diketahui sampai kapan museum tersebut akan dibuka kembali.

(rds)

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek