Pilihan

Pemprov Sebut 109 Gedung Tinggi di Jakarta Sudah Pasang Water Mist By BeritaSatu

 

Pemprov Sebut 109 Gedung Tinggi di Jakarta Sudah Pasang Water Mist

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
September 30, 2023
Pihak Pemkot Administrasi Jakarta Barat telah memasang water mist generator di lantai 11 gedung wali kota Jakarta Barat, Senin, 11 September 2023.
Pihak Pemkot Administrasi Jakarta Barat telah memasang water mist generator di lantai 11 gedung wali kota Jakarta Barat, Senin, 11 September 2023.

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jakarta mengatakan sebanyak 109 gedung tinggi sudah memasang generator kabut air (water mist generator). Tindakan ini adalah bagian dari inisiatif besar untuk memperbaiki kualitas udara yang semakin memprihatinkan di Jakarta.

Menurut Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Pengendalian Pencemaran Udara (PPU) Pemprov DKI Jakarta, Ani Ruspitawati, hingga tanggal 29 September 2023, sudah terpasang sebanyak 125 unit water mist generator yang tersebar di 109 gedung di seluruh wilayah DKI Jakarta.

Water mist yang dipasang di Balai Kota Jakarta, dimana di Balai Kota Jakarta berjumlah dua unit, sedangkan di Jakarta Pusat ada 17 gedung dengan total 17 unit terpasang. Di Jakarta Utara, terdapat enam gedung yang telah dilengkapi dengan tujuh unit water mist generator.

Lebih lanjut, di Jakarta Barat, pemasangan water mist generator dilakukan di 32 gedung dengan total 47 unit yang telah terpasang. Jakarta Selatan juga tidak ketinggalan dengan pemasangan di 46 gedung dan total 46 unit yang telah dioperasikan. Sementara di Jakarta Timur, ada enam gedung dengan total enam unit yang telah terpasang.

Ani menjelaskan bahwa saat ini terdapat 28 unit water mist generator yang sedang dalam proses pemasangan dan segera akan dioperasikan untuk memperkuat upaya dalam memperbaiki kualitas udara di Jakarta.

Selain pemasangan water mist generator, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga intensif dalam penyiraman jalan-jalan protokol sebagai salah satu langkah untuk mengurangi polusi udara yang masih tinggi di Ibu Kota.

"Penyiraman jalan-jalan ini dilakukan paralel hingga pemasangan water mist generator sudah dilakukan lebih luas," sambungnya.

Kegiatan penyiraman jalan-jalan protokol ini bekerja sama dengan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta. Menurut Ani, pada tanggal 28 September 2023, penyiraman sudah dilakukan di 290 lokasi di seluruh wilayah Jakarta. Hal ini melibatkan 287 mobil dan 1.128 personel damkar yang dikerahkan.

Angka ini merupakan peningkatan dari jumlah penyiraman sebelumnya pada tanggal 20 September 2023, yang dilakukan di 249 lokasi dengan melibatkan 243 unit mobil dan 976 personel.

Meskipun upaya pemerintah untuk mengatasi polusi udara semakin kuat, Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta tetap mengimbau warga Jakarta untuk mengambil langkah pencegahan pribadi. Salah satunya adalah menghindari aktivitas di luar rumah jika tidak diperlukan, terutama bagi kelompok rentan, seperti bayi balita, ibu hamil, dan lansia.

Selain itu, Dinkes menyarankan penggunaan masker KN95/KF94 saat berada di luar rumah, karena masker ini dapat menyaring polusi dengan efektif hingga 95-100%. Tidak kalah penting adalah melakukan imunisasi rutin lengkap bagi anak-anak dan imunisasi tambahan haemophilus influenzae per tahun bagi kelompok rentan.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek